Internasional

Pompeo dan Kim Jong-un Bahas Kelanjutan KTT Singapura

Menlu AS Mike Pompeo (kanan) bersama pemimpin Korut Kim Jong-un di Pyongyang, 7 Oktober 2018. (Foto: Twitter/Mike Pompeo)

Pyongyang: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang, Minggu 7 Oktober 2018. Ini merupakan kunjungan kali keempat Pompeo ke Korut dan kedua kali dengan Kim.

Tujuan kunjungan adalah membicarakan kelanjutan dari pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Kim yang telah berlangsung di Singapura pada Juni lalu.

Baca: Pompeo Ingin Percepat Pertemuan Kedua Trump dan Kim

Beberapa saat usai mendarat di Korut, Pompeo mengunggah foto di Twitter yang memperlihatkan dirinya berjalan bersama Kim.

"Melakukan kunjungan menyenangkan ke #Pyongyang dan bertemu Ketua Kim. Kami membicarakan kelanjutan dari sejumlah kesepakatan di KTT Singapura. Terima kasih sudah bersedia menerima saya dan tim," tulis Pompeo di Twitter, seperti dikutip dari Independent.

Pompeo memulai tur asia selama tiga hari sejak Sabtu kemarin, dengan negara tujuan pertama adalah Jepang. Di sana, ia bertemu Perdana Menteri Shinzo Abe.

Keduanya dilaporkan menyepakati untuk bekerja sama dalam mendorong denuklirisasi di Semenanjung Korea. PM Abe juga mengindikasikan dapat bertemu dengan Kim untuk "mengakhiri rasa saling tidak percaya."

Ketegangan AS dengan Korut mulai mencair usai KTT Singapura. Beberapa bulan sebelumnya, Trump sempat menyebut Kim sebagai "manusia roket."

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close