Pemerintahan

Poster, Alat Perjuangan Yang Tak Lekang Oleh Zaman

JAKARTA – Poster menjadi pesan yang efektif dalam bentuk guratan kuas, pensil dan torehan warna serta tulisan yang memberi efek ‘a magic’ bagi yang melihat. Kekuatan sebuah poster adalah gabungan dari dua unsur yaitu  gambar dan tulisan yang dapat memberi arti yang sangat dalam yaitu ‘The Magic of Pictures’ dan ‘The Magic of Word’.

Pernyataan itu disampaikan Deputi Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden Eko Sulistyo saat membuka pameran poster bertema ‘Ucapan Selamat Kepada Bapak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin’ di Lobby Epiwalk, Kuningan, Kamis 11 Juli 2019.

Dalam pameran yang juga dibuka oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf ini, poster yang dipamerkan merupakan karya dari 22 desainer grafis manca negara dan 22 desainer grafis Indonesia. Desainer grafis manca negara yang menyumbangkan karya berasal dari Siprus, Lithuania, Uni Emirat Arab, Belanda, Korea Selatan, Ekuador, Polandia, Iran, Italia, Hongaria, Australia, Amerika Serikat, Rusia, Austria, Meksiko, Yunani, Pakistan, China, Swiss, Irak, Malaysia, Turki.

Pameran ini digelar hasil kolaborasi Alumni Menteng (AM64) berkolaborasi dengan WGD (Worldwide Graphic Designers) dengan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

“Di pameran poster karya para desainer grafis dunia ini saya menjumpai kedua kekuatan itu untuk memberi pesan dan apresiasi ucapan selamat kepada Pak Jokowi sbg presiden terpilih 2019-2024 melalui media poster,” kata Eko Sulistyo.pos2

Lulusan Ilmu Sejarah Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta ini menjelaskan, poster adalah sebuah karya seni yang tak lekang oleh zaman sejak ditemukan Aloys Senefelder di Munich pada 1798.

“Dulu karya poster berfungsi sebagai sarana pemberitahuan yang biasanya ditempel di sudut-sudut jalan atau tembok-tembok yang ramai dilalui orang.   Di era digital dan kemajuan teknologi saat ini, kombinasi dan improvisasi teknik pembuatan poster makin beragam,” paparnya.pos5

Eko memaparkan, di dunia digital, karya grafis seperti poster atau karya visual lainya mendapat tempat terhormat.

“Apa yang kita lihat dan kita sentuh di device tak lepas dari karya desainer grafis.  Seperti karya icon-icon yang menjadi guide dan sign kita ketika berselancar di dunia maya. Ini menunjukkan karya desainer grafis terus mengabdate perkembangan zaman,” tegasnya.

Menurut Eko, pesan poster yang kuat bila karya poster tersebut melekat di ‘mindsett’ dan hati masyarakat.  “Seperti hari ini, saya melihat karya- karya ini terpampang dipamerkan dengan tema ucapan selamat kepada Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin,” ungkapnya.pos4

Untuk itu, Eko menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada para desainer-desainer tanah air dan mancanegara yang telah menorehkan karya yang luar biasa dari 22 designer tanah air dan 22 designer dari berbagai negara.

“Kami menunggu karya-karya lainya yang bisa membuat  Indonesia semakin terpandang dimata dunia, harapan saya teruslah berkarya untuk Indonesia yang luar biasa,” pungkas Eko.pos1

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close