PPKM di Banten: Tangerang Raya Masih Terapkan Level 4, Kota/Kabupaten Serang dan Lebak Level 3

Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendag) nomor 27 tahun 2021

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM level 2-3 hingga 4 di sejumlah daerah di Indonesia. Ada beberapa kota/kabupaten di RI yang masih harus menerapkan PPKM level 4.

Di Banten sendiri, wilayah Tangerang Raya yang tergolong cukup massif dalam penyebaran Covid-19 masih harus menerapkan PPKM Level 4. Hal itu sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendag) nomor 27 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 4, level 3, dan level 2 corona virus disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali.

Dalam Inmendag itu disebutkan, sesuai arahan Presiden, penerapan level PPKM ini disesuaikan dengan kriteria level situasi pandemi berdasarkan assesmen wilayah tertentu. Berkenaan dengan PPKM ini, Inmendagri mengimbau kepada Gubernur Banten dan Bupati/Walikota untuk menerapkan PPKM.

Sesuai dengan Inmendag ini, tidak semua wilayah di Banten menerapkan PPKM Level 4. Pasalnya, ada beberapa juga daerah yang hanya menerapkan PPKM Level 3.

Diketahui, wilayah Tangerang Raya masih harus menerapkan PPKM Level 4. Diantaranya yakni Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang serta Kabupaten Tangerang.

Selain Tangerang Raya, dua daerah lainnya yakni Kabupaten Pandeglang dan Kota Cilegon juga masih harus menerapkan PPKM Level 4.

Sementara untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 3 yaitu Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak dan Kota Serang.

Menurut Inmendag ini, penetapan level wilayah sebagaimana dimaksud berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

“Penyesuaian dilakukan kepada wilayah aglomerasi di Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya, Solo Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta, Surabaya Raya dan Malang Raya, dimana jika mayoritas kota/kabupaten dalam 1 (satu) wilayah aglomerasi tersebut masih pada level 4 (empat), maka kota kabupaten lain di dalam wilayah aglomerasi tersebut bukan di level 4 (empat) maka akan dimasukkan dalam level 4 (empat),” bunyi Inmendag itu seperti dikutip indopolitika.com. [asa]


Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.