Prabowo Minta Restu Datangi Ketua-Ketua Parpol Pendukung Jokowi

  • Whatsapp
Prabowo Subianto Mendatangi Cak Imin. Sumber dari Istagram Cak Imin

INDOPOLITIKA.COM- Usai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo Jumat (11/10) lalu di Istana Presiden, Jakarta, sinyal Partai Gerindra untuk masuk dalam pemerintahan Joko Widodo- Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024 semakin kuat.

Sikap itu diperlihatkan oleh Prabowo Subianto yang pada Pilpres 2019 lalu adalah rival Jokowi. Usai melakukan pertemuan, keduanya melakukan konperensi pers secara bersamaan. Disitu, Prabowo mengungkapkan siap membantu pemerintah selama lima tahun kedepan jika dibutuhkan.

Muat Lebih

“Kami akan memberi gagasan yang optimistis. Kami yakin (pertumbuhan ekonomi) Indonesia bisa tumbuh dobel digit. Kami yakin Indonesia bisa bangkit cepat,” ujar Prabowo di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Jokowi pun menyambut baik keinginan Partai Gerindra masuk dalam pemerintahan periode keduanya itu. Akan tetapi keputusan tersebut harus dibicarakan terlebih dulu dengan partai koalisi pendukungnya pada saat pilpres kemarin.

“Kami tadi sudah bicara banyak mengenai kemungkinan Partai Gerindra masuk ke koalisi kita,” ucap Jokowi, Jumat 11 Oktober 2019.

Partai NasDem sempat menolak keras rencana masuknya Partai Gerindra dalam Koalisi Pemerintahan Jokowi. Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan Gerindra tidak pantas bergabung karena Gerindra dianggap sebagai partai yang tidak berkeringat saat Pilpres.

“Posisi penting dan strategi enggak mungkin kita serahkan pada yang tidak berkeringat!” kata Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago, Selasa 8 Oktober 2019, menanggapi kabar Prabowo incar posisi Menhan.

Mendengar penolakan dari seluruh partai pedukung Jokowi, Prabowo pun berniat melakukan sowan politik kepada sejumlah Partai Politik pendukung Jokowi- Ma’ruf. Ketua umum partai yang didatangi pertama kali adalah Ketua Partai NasDem Surya Paloh. Keduanya melakukan pertemuan pada minggu malam.

Hasil pertemuan membuahkan hasil. Sikap politik NasDem berubah. Tadinya sangat lantang menyuarakan penolakan kini mulai melemah. Ketua Umum NasDem Surya Paloh menegaskan partai NasDem setuju Partai Gerindra masuk pemerintahan.

“Mana ada masalah buat saya? Ini masalahnya artinya di dalam suatu semangat konstitusi kepentingan dalam kepentingan nasional, kita yakin enggak Pak Prabowo bergabung dalam koalisi pemerintahan ini, kita memiliki keyakinan, apa yang jadi masalah?” ujar Surya.

Surya menambahkan Prabowo memiliki gagasan tentang pembangunan kedepan sangat menarik dan bagus. Ini sangat dibutuhkan oleh pemerintahan Jokowi selama lima tahun kedepan.

Kencang bagai kuda itulah pribahasa yang cocok disematkan kepada ketua Umum Prabowo Subianto. Prabowo tidak menyia-nyiakan waktu ketika kesempatan bergabung kepada pemerintah sudah mulai terlihat dukungan parpol pendukung Jokowi.

Malam tadi, Prabowo Subianto langsung mengatur Jadwal untuk bertemu Ketua Partai PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin Senin (14/10) tadi malam. Pertemuan tersebut diketahui untuk membahas soal situasi politik saat ini. Bak gayung bersambut, PKB menyambut baik jika memang Partai Gerindra masuk dalam koalisi di pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin untuk Periode 2019-2024. Cak Imin mengatakan PKB memberikan restu kepada Partai Gerindra masuk dalam koalisi pemerintahan.

“Yang namanya kerja sama demi rakyat di mana saja siap di mana saja,” kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin malam (14/10/2019

Setelah melakukan pertemuan Ketua Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Partai PKB Muhaimin Iskandar, Prabowo tengah mengatur jadwal untuk melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Politik Airlangga Hartanto. Pertemuan itu direncakan hari ini. Untuk waktunya belum diketahui. (pit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *