Prancis Melarang Penggunaan Ponsel Pintar di Sekolah

  • Whatsapp
Ilustrasi ponsel pintar. (Foto: AFP).

Paris: Pemerintah Prancis melarang penggunaan ponsel pintar untuk anak-anak di sekolah. Peraturan ini mulai berlaku pada September mendatang.

Peraturan tersebut diberlakukan untuk anak-anak sekolah usia 3 hingga 15 tahun. Parlemen telah mengesahkan peraturan tersebut Senin 30 Juli 2018 lalu.

Baca Juga:

Meski demikian, sekolah menengah Prancis dengan siswa berusia 15 tahun ke atas dibebaskan untuk tidak mengadopsi peraturan tersebut.

"Kami tahu adanya fenomena kecanduan smartphone pada anak-anak. Peran utama kami adalah melindungi anak-anak dan remaja. Ini adalah peran dasar dari pendidikan dan undang-undang," ujar Menteri Pendidikan Jean-Michel Blanquer, dilansir dari CNN, Kamis 2 Agustus 2018.

Peraturan tersebut untuk memenuhi salah satu janji kampanye Presiden Emmanuel Macron. Meski demikian, beberapa anggota parlemen menganggap undang-undang itu tidak akan diterapkan sepenuhnya.

"Kenyataannya, larangan telah dibuat, namun saya tidak tahu seorang guru di negara ini tidak memungkinkan penggunaan telepon di kelas," ucap mantan guru sekaligus anggota parlemen sayap kiri Alexis Corbiere.

Sebuah undang-undang yang disetujui pada tahun 2010 melarang penggunaan ponsel pintar "selama semua kegiatan mengajar." 

Undang-undang baru membuat pengecualian untuk siswa cacat, selama kegiatan ekstrakurikuler dan untuk "penggunaan pedagogis." 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *