Internasional

Presiden Afganistan Tolak Pengunduran Diri Tiga Pejabat

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dalam konferensi pers di Kabul, 30 Juni 2018. (Foto: AFP/NOORULLAH SHIRZADA)

Kabul: Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menolak pengunduran diri yang diajukan tiga pejabat senior.

Permohonan pengunduran diri dari Menteri Pertahanan Tariq Shah Bahrami, Menteri Dalam Negeri Wais Barmak, serta Kepala Direktorat Keamanan Nasional Masoom Stanekzai telah diajukan pada Sabtu kemarin. 

Mereka mundur beberapa jam setelah Penasihat Keamanan Nasional Hanif Atmar juga memutuskan berhenti.

Namun, juru bicara pemerintah Haroon Chakansuri berkata bahwa Presiden Ghani meminta tiga pejabat itu untuk melanjutkan tugas mereka dan terus "bekerja menuju perbaikan situasi keamanan."

Dua pejabat senior Kemendagri Afganistan mengatakan alasan pengunduran diri trio itu adalah perbedaan pandangan mengenai beragam kebijakan pemerintahan Ghani.

Mundurnya para pejabat keamanan di Afghanistan terjadi saat negara tersebut digempur kelompok militan Taliban sejak beberapa pekan terakhir. Taliban telah banyak merebut beberapa distrik di Afghanistan.

Serangan bom bunuh diri Taliban kerap terjadi di Kabul dan sejumlah kota besar lainnya.

"Setelah serangan di provinsi Ghazni dan istana kepresidenan di Kabul, pemerintah mendapat tekanan besar dari masyarakat," kata Najeeb Nangyal, analis politik Afghanistan.

"Jadi, Presiden Ghani mungkin memutuskan untuk mengambil beberapa tindakan demi membawa pembaruan, karena serangan terhadap istana kepresidenan adalah kegagalan keamanan," cetus dia, seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin 27 Agustus 2018.

Otoritas Afghanistan terus bersiaga menghadapi kemungkinan terjadinya lebih banyak serangan menjelang pemilihan umum parlemen pada 20 Oktober.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close