Presiden Belum Bisa Berikan Keputusan Terkait Subsidi Elpiji 3 Kg

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Pencabutan subsidi Elpiji 3 kg belum diputus oleh pemerintah. Presiden Jokowi mengatakan keputusan tersebut harus melalui rapat terbatas (Ratas) terlebih dahulu.

“Belum, itu harus lewat rapat terbatas,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).

Bacaan Lainnya

Meskipun demikian, Jokowi belum bisa memastikan apakah pencabutan subsidi Elpiji 3 kg akan dilakukan atau tidak. Hal itu dikarenakan, Jokowi perlu meminta penjelasaan dari Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan terlebih dahulu.

“Belum, belum sampai di ratas. Nanti kalau sudah di ratas akan disampaikan angka-angka, baru saya memutuskan,” tegas Jokowi.

Sebelumnya, pemerintah berencana mencabut subsidi Elpiji 3 kg pada pertengahan 2020, tahun ini. Alasan pencabutan tersebut karena pemerintah ingin memberikan subsidi langsung ke masyarakat yang membutuhkan.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas), Djoko Siswanto mengatakan, secara prinsip pemerintah dan DPR telah menyetujui sistem distribusi tertutup elpiji 3 kg.

“Kita sudah melakukan persiapan bagaimana cara memberi (subsidi) langsungnya kepada masyarakat. Mudah-mudahan tahun ini juga, sekitar pertengahan tahun (2020) bisa kita laksanakan karena uji cobanya sudah dilaksanakan di berbagai tempat,” ujarnya di Jakarta, Selasa (14/1/2020).[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *