Presiden Himbau Tidak Perlu Khawatir dengan Virus Varian Baru Covid-19

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Jokowi mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak perlu khawatir dengan temuan dua kasus positif dengan mutasi virus Covid-19 dari Inggris.

“Saya mengimbau kepada bapak, ibu, dan saudara semuanya untuk tidak perlu khawatir karena ditemukannya dua kasus positif dengan mutasi virus Corona dari Inggris atau B117,” kata Presiden Jokowi dalam Penjelasan tentang Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

Berita Lainnya

Disebutkan bahwa dua orang yang terpapar varian baru virus Covid-19 tersebut sudah negatif.

“Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa varian baru ini lebih mematikan.” tambah Presiden.

Sedangkan pencegahan agar tidak menular juga telah dilakukan. “Mari kita tetap berdisiplin menjalankan protokol kesehatan seiring dengan pelaksanaan vaksinasi yang makin cepat,” kata Presiden.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan dua kali membatalkan konferensi pers yang sedianya diselenggarakan terkait adanya temuan virus varian baru ini.

“Mohon dapat dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya agenda presscon sore ini kembali ditunda, bukan PHP, namun memang betul-betul belum dapat dilaksanakan hari ini.” Demikian pesan tertulis Hendy Yudistira dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Kamis (4/3/2021) sore.

Sehari sebelumnya juga direncanakan akan adanya konferensi pers serupa.

Pengumuman temuan varian baru virus Covid-19 pertama kali disampaikan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono dalam acara refleksi satu tahun pandemi Covid-19 di Indonesia yang digelar oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Selasa (2/3/2021).

“Kalau satu tahun lalu kita menemukan kasus 01 dan 02 Covid-19, tadi malam saya mendapatkan informasi tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi, B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus,” kata Dante.

Sedangkan menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin temuan dua kasus Covid-19 dengan virus varian baru B117 UK di Indonesia terdeteksi berasal dari tenaga kerja atau buruh migran Indonesia yang datang dari Arab Saudi.

“Semalam terkonfirmasi oleh Balitbangkes ada dua BMI (buruh migran Indonesia) dari Arab Saudi yang positif virus Covid-19 dengan strain B117/N501Y (strain UK),” ujar Budi Sadikin, Selasa (2/3/2021) malam. []

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *