Internasional

Presiden Interpol Dinyatakan Hilang

Presiden Interpol Meng Hongwei dalam sebuah acara di Singapura, 4 Juli 2017. (Foto: AFP/ROSLAN RAHMAN)

Lyon: Kepolisian Prancis memulai investigasi usai Presiden Agensi Kepolisian Internasional (Interpol) Meng Hongwei dinyatakan hilang. Meng dilaporkan hilang oleh istrinya, yang mengaku sudah tidak lagi mendengar kabar sejak sang suami bertolak ke Tiongkok pada Sabtu pekan kemarin.

Otoritas di Lyon, kota tempat berdirinya markas Interpol, telah meluncurkan sebuah investigasi atas kasus "orang hilang yang cukup mengkhawatirkan."

Seperti dikutip dari kantor berita Telegraph, Jumat 5 Oktober 2018, Interpol menolak mengklarifikasi mengenai keberadaan pria asal Tiongkok tersebut.

"Kasus ini ditangani otoritas terkait, baik di Prancis maupun Tiongkok," ungkapnya.

Meng, Wakil Menteri di Kementerian Keamanan Publik Tiongkok, terpilih menduduki jabatan Kepala Interpol Tiongkok untuk empat tahun sejak 2016.

Dia adalah warga pertama Tiongkok yang menduduki jabatan Kepala Interpol. Ia dikenal di Negeri Tirai Bambu sebagai penegak hukum ternama, yang menangani masalah hukum perairan dan juga terorisme.

Dalam beberapa bulan terakhir, muncul tanda-tanda Meng mulai kurang mendapat pengaruh di Partai Komunis Tiongkok.

April tahun ini, dia didepak dari jajaran Komite Partai Komunis di Kementerian Keamanan Publik. Muncul juga laporan Meng tidak menghadapi sejumlah pertemuan tingkat tinggi yang melibatkan Partai Komunis Tiongkok

Hingga saat ini, Interpol menolak mengonfirmasi atau membantah sejumlah rumor bahwa Meng telah ditahan otoritas Tiongkok.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close