Presiden Joe Biden ‘Tak Sudi’ Cabut Sanksi Terhadap Iran

  • Whatsapp
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan Iran harus menghentikan pengayaan uraniumnya sebelum kembali ke pembicaraan mengenai program nuklir rezim. Jika tidak, Amerika tidak akan pernah mencabut sanksi apapun terhadap Iran.

Joe Biden mengatakan, dia tidak akan meringankan sanksi keras yang dijatuhkan oleh Donald Trump setelah dia menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015, sementara Iran tidak berpegang pada komitmennya.

Berita Lainnya

Iran telah berulang kali melanggar kesepakatan dalam beberapa bulan terakhir bahkan di tengah saran bahwa Biden akan berusaha untuk menghidupkan kembali perjanjian antara Iran dan kekuatan dunia.

Kesepakatan itu mengurangi sanksi terhadap Iran dengan imbalan mengekang pengembangan nuklirnya, yang dikhawatirkan banyak orang dimaksudkan untuk membangun senjata atom.

Biden ditanya dalam wawancara CBS yang ditayangkan pada Minggu (7/2/2021) apakah dia akan menghentikan sanksi dalam upaya untuk membawa Iran kembali ke negosiasi. Mendapat jawaban itu, Biden hanya menjawab singkat.

“Tidak,” kata suksesor Donald Trump itu.

Dia kemudian mengangguk ketika ditanya apakah Iran harus berhenti memperkaya uranium terlebih dahulu.

Iran mengatakan bulan lalu bahwa mereka sekarang memperkaya uranium hingga kemurnian 20 persen – jauh di atas level 3,67 persen yang ditetapkan oleh kesepakatan itu. Pemerintahan Biden mengatakan harus bekerja segera untuk menghentikan Iran mengembangkan senjata nuklir. [ind]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *