Presiden Jokowi Bakal Beri Bansos ke 2,76 Juta PKL, Pemilik Warung dan Nelayan

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyiapkan anggaran sebesar Rp 451 triliun untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2022.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Ia mengatakan anggaran itu salah satunya akan digunakan untuk memperluas program bantuan sosial (bansos) tunai.

Bacaan Lainnya

Airlangga mengatakan, bantuan tunai akan diberikan pemerintah untuk pedagang kaki lima (PKL), pemilik warung dan nelayan.

“Presiden menyetujui untuk frontloading bansos perluasan program bantuan tunai untuk pedagang kaki warung dan nelayan, di mana ini jumlah pesertanya diperkirakan 2,76 juta orang,” kata Airlangga dalam konferensi pers secara virtual terkait evaluasi PPKM, Minggu (16/1/2022).

Airlangga juga menjelaskan besaran bantuan yang bakal diberikan ke mereka. “Besaran yang diberikan Rp 600.000 per penerima,” lanjutnya.

Airlangga mengatakan, sebanyak 2,76 juta orang itu terdiri dari 1 juta pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik warung serta 1,76 juta orang nelayan.

“Ini akan segera dilaksanakan dan Bapak Presiden setuju bahwa untuk perlindungan sosial akan dilakukan frontloading di kuartal pertama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Airlangga mengingatkan agar masyarakat menahan diri untuk bepergian ke luar negeri bila tidak ada kepentingan mendesak, mengingat Indonesia akan menghadapi lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron.

“Berdasarkan simulasi yang ada, ini akan ada potensi kenaikan kasus Omicron dalam 1-2 bulan ke depan,” pungkasnya.[fed]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.