Pemerintahan

Presiden Jokowi dan Para Pejabat Negara Ramai-Ramai Bayar Zakat Lewat BAZNAS di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi), bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, para menteri kabinet kerja, para pimpinan lembaga negara, para pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan para pejabat eselon I Kementerian dan Lembaga (K/L), Senin (28/5) siang, di Istana Negara, Jakarta, bersama-sama menunaikan zakatnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mendonasikan zakat sebesar Rp50.000.000,00 secara tunai, Wakil Presiden Jusuf Kalla Rp50.000.000,00, Sekretaris Kabinet Pramono Anung Rp23.000.000,00, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo Rp50.000.000,00, Mensesneg Pratikno Rp27.000.000,00, dan Mendikbud Muhadjir Effendy Rp20.000.000,00.

Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo dalam sambutannya mengatakan bahwa penyerahan hari ini juga serentak dilakukan oleh para bupati/ wali kota, pimpinan SKPD (Satuan Kerja Pemerintahan Daerah) dan direksi BUMN melalui BAZNAS di daerah masing-masing.

“Alhamdulillah pada hari ini bisa terlaksana kembali acara tahunan yang telah dirintis oleh Presiden sejak Bulan Ramadan 2016. Presiden dan para pejabat di tingkat pusat menunaikan zakatnya melalu BAZNAS sebagai bentuk keteladanan para pemimpin muslim menunaikan kewajiban,” kata Ketua Bambang.

Sempurnakan Ibadah

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, sebagai umat muslim, memberikan zakat adalah menjalankan sebuah keindahan Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin. Melalui zakat kita berbagi dengan para mustahik, para penerima zakat.

“Semoga zakat  yang kita keluarkan menyempurnakan ibadah puasa kita dan menyempurnakan ketaatan kita, ketakwaan kita kepada Allah SWT,”kata Presiden Jokowi.

Presiden juga mengajak para muzaki, para pemberi zakat untuk menunaikan zakat melalui BAZNAS supaya lebih aman, lebih teratur, dan bisa benar-benar tepat penyalurannya kepada para mustahik.

(FID/DNS/ES)

Artikel Terkait

Close
Close