Presiden Jokowi Harusnya Tidak Melibatkan Anggota Keluarganya Terjun Ke Politik

  • Whatsapp
Putra dan Menantu Jokowi Maju Pilkada

INDOPOLITIKA.COM- Turunnya anggota keluarga Presiden dalam kancah perpolitikan nasional itu sudah hal biasa. Menjadi tidak biasa ketika Presiden Joko Widodo melibatkan putra sulungnya Gibran Rakabuming dan Boby Afif Nasution dalam bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Padahal janji kampanyenya dahulu, Jokowi tidak akan melibatkan keluarganya dalam politik nasional.

Pengamat Politik UIN Jakarta Adi Prayitno mengatakan fenomena politik dalam negeri kecendrungannya seperti itu. Kata dia, dinasti politik atau kekuasaan yang secara turun-temurun dilakukan untuk mempertahankan kekuasaannya.

Baca Juga:

“Itu fenomena politik biasa anak presiden dan keluarga terdekatnya terjun ke politik. Kecenderungan politik kita saat ini seperti itu. Politisi, pejabat, tak jauh dari lingkaran penguasa,” demikian kata Adi.

Dahulu kata Adi, saat nama Joko Widodo mulai muncul di panggung perpolitikan Indonesia, Jokowi selalu mencitrakan dirinya sebagai politisi yang lahir dari rakyat dan tidak akan melibatkan keluarganya dalam urusan politik praktis. Namun nyatanya, kedua anggota keluarganya turut meramaikan dalam bursa pemilihan kepala daerah 2020 mendatang.

Putra Sulung Jokowi  Gibran Rakabuming yang berencana nyalon walikota Solo sementara menantu Jokowi Boby Afif Nasution mencalonkan sebagai walikota Medan.

meski ini adalalah pilihan keluarganya, tapi Jokowi sebagai Presiden dinilai tidak konsisten dalam perkataannya dan janjinya. Padahal masyarakat menaruh harapan besar kepada Jokowi agar tidak tergoda oleh kekuasaan dengan melibatkan anggota keluarganya turun dalam politik praktis. (pit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *