Jokowi Lantik Yudo Jadi KSAL dan Fadjar Jadi KSAU, Langsung Fokus Hadapi Corona

  • Whatsapp
Pelantikan Laksamana TNI Yudo Margono menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Marsekal Madya Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/05/2020). ( Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden )

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana TNI Yudo Margono menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Marsekal Madya Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/05/2020).

Yudo maupun Fadjar dilantik sebagai KSAL dan KSAU berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 32 dan 33/ TNI/ Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Kepala Staf Angkatan Laut serta Kepala Staf Angkatan Udara.

Bacaan Lainnya

Usai dilantik, KSAL baru Laksamana Yudo Margono mengatakan, dirinya akan menjaga keberlangsungan operasional di Angkatan Laut, agar tidak terpapar corona.

“Tidak ada yang khusus (pesan dari Presiden). Saya kira umum, mungkin nanti dalam perjalanan. Karena sekarang ini masih musim pandemi sehingga kita jaga diri dengan physical distancing. Kemudian tetap menggunakan masker,” kata Yudo.

Yudo menyatakan, untuk mengantisipasi penyebaran virus vorona di wilayah perairan, patroli penegakan kedaulatan hukum juga terus dilancarkan.

“Harapan kita unsur-unsur kita tidak kena Corona, sehingga harus mengantisipasi dari sekarang, sehingga kelangsungan operasional selalu terjaga,” kata Yudo.

Yudo yang lahir di Madiun, Jawa Timur, pada 26 November 1965 pernah memegang sejumlah jabatan penting di lingkungan TNI AL. Sebelum dilantik sebagai KSAL, Yudo mengemban jabatan sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, sejak September 2019.

Belakangan, Yudo kerap memberikan keterangan terkait perawatan pasien virus corona di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Sementara itu, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo mengungkapkan, Presiden Joko Widodo menekankan kepada dirinya agar tetap menjaga keamanan udara di sekitar wilayah perbatasan. Meski di tengah pandemi, pengamanan di wilayah udara perbatasan tetap harus menjadi perhatian dan harus selalu ditingkatkan.

“Pesan khusus dari Presiden, kami semua dipanggil, para Kepala Staff dan Panglima TNI. Ada beberapa penekanan khususnya TNI AU bahwa pengamanan udara di perbatasan. Ini akan ditindak lanjuti meski situasi sedang seperti ini, pandemi COVID tapi kesiapsiagaan kami akan tetap dan terus ditingkatkan,” ujar Fadjar.

Sebelum dilantik sebagai KSAU, Marsekal Fadjar Prasetyo menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II). Ia menggantikan Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang telah memasuki masa pensiun.

Seperti diketahui, Kogabwilhan (Komando Gabungan Wilayah Pertahanan) sendiri merupakan jabatan yang baru diresmikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada September 2019. Pembentukan Kogabwilhan disebut sebagai upaya membangun kekuatan TNI terkait pencegahan terhadap berbagai potensi ancaman.

Yudo menggantikan Laksamana Siwi Sukma Adji yang memasuki masa pensiun pada Mei 2020 ini. Adapun Fadjar menggantikan Marsekal Yuyu Sutrisna yang bakal pensiun pada Juni 2020.

Hadir dalam pelantikan ini di antaranya Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *