Internasional

Presiden Korsel Komitmen Bantu Cari 3 ABK WNI

Menlu RI Retno Marsudi saat bertemu Presiden Korsel Moon Jae-in di Gedung Biru. (Foto: AFP)

Seoul: Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in menyampaikan komitmennya kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi terkait pencarian tiga ABK asal Indonesia yang hilang.

Pernyataan ini diutarakan Moon langsung saat Menlu Retno berkunjung ke Gedung Biru, hari ini, menyampaikan surat dari Presiden RI Joko Widodo.

Dalam keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri RI kepada Medcom.id, Jumat 27 Juli 2018, Moon berjanji bahwa otoritas Korsel akan berusaha maksimal untuk mencari tiga ABK Indonesia yang hilang akibat kecelakaan dua kapal Korea di dekat perairan Jepang pada 26 Juli 2018.

Menurut keterangan Kepolisian Maritim Busan, Korsel, tabrakan itu terjadi pada Kamis 26 Juli, pukul 6.17 pagi waktu setempat. Laporan tersebut pun diakui oleh Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu RI, Lalu Muhammad Iqbal.
 
Iqbal menyebutkan bahwa dua kapal bertabrakan di laut dekat Tokyo, Jepang. Dua kapal yang terlibat tabrakan itu adalah kapal Longline 803 Tongyeongho dan 101 Keumyangho (sebelumnya disebut Geumyangho 101) yang keduanya berbendera Korea Selatan.

Sebelumnya, Menlu Retno juga telah meminta bantuan kepada Menlu Korsel, Kang Kyung-Hwa untuk pencarian tiga ABK tersebut. 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close