Internasional

Presiden Korsel Sampaikan Simpati Mendalam untuk Indonesia

Sejumlah anggota Basarnas melakukan Evakuasi korban gempa dan tsunami, di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu 30 September 2018. (Foto: Antara/AKBAR TADO)

Seoul: Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyampaikan rasa prihatin mendalam atas musibah gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Moon menyampaikannya lewat surat kepada Presiden Joko Widodo.

"Saya menyampaikan rasa prihatin mendalam atas musibah gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada 28 September, yang mengakibatkan banyak korban meninggal dunia dan kerugian harta benda," kata Moon dalam suratnya, Minggu 30 September 2018.

Dia juga berbelasungkawa kepada keluarga korban tewas maupun luka. "Saya juga menyampaikan rasa simpati kepada swluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat setempat yang mengalami musibah tersebut," imbuhnya.

Moon juga berharap pencarian korban bencana bisa berlangsung dengan cepat dan lancar. "Semoga situasi di Indonesia cepat pulih di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo," pungkas dia.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebut korban tewas akibat gempa dan tsunami telah bertambah menjadi 832 orang, dengan 540 lainnya mengalami luka berat.

Masih dari BNPB, seorang warga Korsel dilaporkan menjadi salah satu WNA yang terkena dampak gempa dan tsunami di Sulteng. Hingga saat ini, kondisi warga Korsel tersebut belum diketahui.

Baca: BNPB: 71 WNA Terkena Dampak Gempa dan Tsunami Sulteng

 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close