Internasional

Presiden Republik Separatis Ukraina Tewas dalam Ledakan

Alexander Zakharchenko dilantik sebagai presiden Republik Rakyat Donetsk di Donetsk, 4 November 2014. (Foto: AFP/ALEXANDER KHUDOTEPLY)

Donetsk: Pemimpin utama separatis di Ukraina timur tewas dalam ledakan di sebuah kafe di wilayah pemberontak di Donetsk, Jumat 31 Agustus 2018. 

Rusia menuduh Ukraina sebagai dalang di balik kematian Alexander Zakharchenko, seorang pebisnis yang kemudian menjadi pemimpin separatis di Donetsk. Zakharchenko merupakan satu dari sejumlah tokoh separatisme yang tewas dalam konflik berkepanjangan sejak 2014.

"Kepala DNR (Republik Rakyat Donetsk), Alexander Zakharchenko, tewas dalam serangan teroris hari ini," ucap juru bicaranya, Alena Volynets, kepada kantor berita AFP.

Situs resmi DNR mengatakan sebuah ledakan terjadi di kafe "Separ" sekitar pukul 14.30 waktu setempat. Ledakan juga melukai tiga orang lainnya.

Seorang jurnalis AFP di lokasi mengatakan bahwa polisi menutup seluruh blok di sekitar kafe setelah ledakan terjadi.

Zakharchenko, 42, yang memimpin pemberontak untuk melawan pemerintah Ukraina di Donetsk, dipilih sebagai presiden DNR pada 2014.

Hingga kini, DNR belum mendapat pengakuan internasional sebagai sebuah negara.

DNR menyebut wakil kepala pemerintahan Dmitry Trapeznikov telah ditunjuk untuk menjadi pelaksana tugas menggantikan Zakharchenko.

Saat ini otoritas DNR sedang menjalankan operasi khusus untuk mencari pihak yang bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close