Presiden Ubah Konstitusi Biar Berkuasa 3 Periode, Kudeta Militer Pecah di Guinea

  • Whatsapp
Pasukan Khusus Angkatan Bersenjata Republik Guinea

INDOPOLITIKA.COM – Militer Guinea melakukan kudeta dan membubarkan pemerintahan serta konstitusi negara di Afrika Barat itu.Tentara melakukan pemberontakan di ibukota, Minggu, 5 September 2021.

Seperti dikutip dari SBS News. Minggu (5/9/2021), Komandan Pasukan Khusus Republik Guinea, mengonfirmasi kudeta militer yang dilakukan pasukannya lewat sejumlah saluran televisi.

Berita Lainnya

Dalam pernyataannya, Doumbouya memastikan bahwa pasukannya telah membubarkan pemerintah dan konstitusinya. Selain itu, seluruh akses keluar masuk di seluruh perbatasan darat dan udara Guinea, dipastikan Doumbouya sudah tertutup.

“Kami telah membubarkan pemerintah dan semua lembaga (negara). Kami akan menulis ulang konstitusi bersama,” tegas Doumbouya dalam siaran di televisi pemerintah.

Conde, yang tidak diketahui keberadaannya, memenangkan masa jabatan ketiga pada Oktober 2020 setelah mengubah konstitusi untuk memungkinkan dia ikut pilpres lagi, meskipun ada protes keras dari oposisi.

Pemerintahan di bawah Conde juga meningkatkan pajak secara tajam, untuk mengisi kas negara dan menaikkan harga bahan bakar sebesar 20 persen.

Bunyi sederet tembakan meletus terdengar keras dalam pertempuran yang melibatkan Pasukan Khusus Angkatan Bersenjata Republik Guinea, dan Pasukan Pengamanan Presiden Republik Guinea, di Istana Presiden di ibukota Conakry, Minggu 5 September 2021.

Setelah berhasil memukul Pasukan Pengamanan Presiden Guinea, Pasukan Khusus Angkatan Bersenjata Republik Guinea merangsek masuk ke Istana Presiden.

Beberapa jam berselang, beredar sebuah video di sejumlah platform media sosial yang menunjukkan Presiden Conde dikelilingi oleh sejumlah prajurit Pasukan Khusus Angkatan Bersenjata Republik Guinea.

Namun, klaim itu dibantah pemerintah. Kementerian Pertahanan Guinea mengatakan serangan terhadap istana kepresidenan di Conakry telah berhasil dihalau.

Ketika Kementerian Pertahanan mengatakan pasukan keamanan yang setia kepada Conde telah menggagalkan kudeta dan memulihkan ketertiban, sejumlah warga menggelar unjuk rasa pada sore hari untuk merayakan keberhasilan pemberontakan itu. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *