Internasional

Presiden Yaman akan Jalani Tes Medis di AS

Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi (tengah) dalam KTT Negara Arab dan Amerika Selatan di Riyadh, Arab Saudi, 11 November 2015. (Foto: AFP/FAYEZ NURELDINE)

Riyadh: Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi akan menjalani serangkaian tes medis di Amerika Serikat bulan ini. Pemeriksaan medis dilakukan di sela agenda Hadi untuk menghadiri Majelis Umum PBB di New York pada 18 September mendatang.

Menteri Informasi Yaman Moammer el-Aryani menuliskan di Twitter bahwa sang presiden memang akan menjalani pemeriksaan di New York.

Ia tidak menyebutkan alasan mengapa Hadi akan menjalani tes medis. Selama ini, seperti dikutip dari kantor berita AFP, belum pernah ada laporan yang menyebutkan Hadi mengidap penyakit tertentu.

Hidup terasing di Arab Saudi sejak 2015, Hadi memimpin sebuah sesi kabinet di Riyadh pada Minggu 2 September 2018. Ia melarikan diri ke Yaman usai pemberontak Houthi menguasai ibu kota Yaman.

PBB mengakui Hadi sebagai presiden sah Yaman. PBB telah mengundang dua kubu bertikai di Yaman untuk menggelar dialog damai di Jenewa pada Kamis mendatang.

Pemerintahan Hadi dan Houthi tidak mengharapkan adanya terobosan apapun dalam dialog di Jenewa. Namun jika terlaksana, maka akan menjadi dialog pertama yang dimediasi PBB sejak 2016.

Pada 2014, Houthi menguasai Sanaa dan membuat pemerintahan Hadi terusir dari ibu kota. Arab Saudi dan sekutunya kemudian ikut menggempur Houthi satu tahun setelahnya. 

Lebih dari 10 ribu orang tewas sejak konflik tersebut dimulai sejak lebih dari tiga tahun lalu. PBB menyebut konflik di Yaman sebagai krisis kemanusiaan terbesar di dunia.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close