Internasional

Pria India Tewas Diserang Warga saat Pindahkan Sapi

Seorang petani membajak sawah dengan menggunakan tenaga sapi di Allahabad, India, 12 Juli 2018. (Foto: AFP/SANJAY KANOJIA)

Rajasthan: Seorang pria India tewas diserang sekelompok orang saat dirinya sedang memindahkan sejumlah sapi di negara bagian Rajasthan.

Selama ini, kasus penyerangan yang melibatkan sapi banyak terjadi di India — negara dengan mayoritas pemeluk agama Hindu yang menganggap hewan tersebut suci. 

Serangan biasanya dilakukan terhadap Muslim atau warga dengan kasta rendah atas tuduhan membunuh sapi atau memakan dagingnya.

Peristiwa terbaru terjadi saat Akbar Khan, 28, sedang berjalan bersama satu rekannya dan dua ekor sapi di distrik Alwar, sekitar 160 kilometer dari Jaipur. Ia tiba-tiba diserang sekelompok orang di tengah jalan pada Jumat malam.

"Insiden penyerangan terhadap seorang warga yang menggiring sapi di distrik Alwar patut dikutuk," ujar Kepala Menteri Rajasthan Vasundhara Raje di akun Twitter, seperti dikutip dari AFP, Sabtu 21 Juli 2018.

"Polisi sudah menangani kasus ini dan meminta keterangan dua tersangka. Aksi tegas akan diterapkan kepada para pelaku," sambung dia.

Inspektur Jenderal Kepolisian Rajasthan Hemant Priyadarshi mengatakan kepada AFP bahwa dua tersangka sudah ditahan polisi. "Keduanya ditangkap dari lokasi kejadian dan ditahan usai diinterogasi," kata Hemant.

Sedikitnya 22 orang tewas diserang massa di berbagai wilayah di India terkait pencurian hewan ternak, memakan daging sapi atau isu penculikan anak sepanjang tahun ini.

April lalu, seorang pria Muslim tewas di Alwar setelah sekelompok orang menyerang truk berisi sapi miliknya di sebuah jalan raya.

Membunuh sapi merupakan tindakan ilegal di banyak negara bagian India. Memindahkan sapi antara negara bagian di India membutuhkan lisensi khusus untuk menghindari terjadinya insiden.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close