Daerah

Problem Ketimpangan Sosial Kepri, Mustofa Widjaja: Harus Ada Solusi Konkret

Batam – Kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan sosial merupakan problem serius yang dihadapi hampir setiap daerah khususnya Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Kemiskinan memang sulit dihilangkan tapi seharusnya bisa ditekan, harus ada solusi konkret dari semua pihak untuk meminimalisir problem ketimpangan sosial,” demikian ujar mantan kepala BP Batam Mustofa Widjaja saat ditemui awak media, Batam, Selasa (9/6).

Selain itu, calon anggota DPD RI di Pemilu 2019 ini juga memaparkan, angka kemiskinan bisa diturunkan jika masyarakat Kepri mampu berperan aktif bahu-membahu bersama pemerintah dalam mendorong ketangguhan diri untuk mau berkarya dan bekerja.

“Penting bagi semua pihak untuk mau mengembangkan diri, belajar dan cepat adaptasi dengan kemajuan teknologi dan kondisi nyata di daerahnya,” kata Mustofa.

Lebih lanjut, Pembina Forum Kepri Bersatu (FKB) Ini menjelaskan, hidup di era teknologi saat ini, inovasi dan aktivitas harus jadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

“Cara pemasaran sudah berubah, sistem pembayaran juga berubah, karenanya peningkatan kapasitas rakyat untuk berkarya dan bekerja di era ini tak bisa dihindari,” jelasnya.

Menurut Mustofa, setiap kabupaten dan kota punya masalah berbeda, tentu solusinya juga berbeda tetapi ada yang harus sama pada pembinaan sumber daya manusianya yaitu mereka harus dibuat siap menghadapi tantangan global dan kemajuan zaman.

“Jadi peningkatan SDM masyarakat pun harus di tingkatkan melaui pembinaan dan pendidikan skill sesuai dengan kapasitas masing-masing. Ke depan ini akan jadi perhatian saya,” tegasnya. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Close
Close