Problematika Menyongsong Pemilu 2024

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pemilihan umum (Pemilu) di negara kita dilaksanakan tiap lima tahun sekali. Pemilu sebagai sarana menyalurkan aspirasi warga dalam memilih pemimpin dijamin oleh UUD 1945.

Dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum disebutkan bahwa Pemilihan Umum yang selanjutnya disebut Pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Berita Lainnya

Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah memenuhi syarat hanya memiliki satu suara dalam pemilu. Siapapun itu orangnya, baik profesor, doktor, pengusaha, pejabat, tukang becak, petani, pedagang dan lainnya. Agama apapun juga tetap hanya memiliki satu suara.

Tidak bisa satu orang memiliki suara lebih dari satu suara. Bila ada yang mencoblos menyalurkan suaranya dua kali saat pemilu maka ini merupakan tindak pidana, sesuai dengan Pasal 533 UU Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilu yang berbunyi, setiap orang yang dengan sengaja pada saat pemungutan suara mengaku dirinya sebagai orang lain/atau memberikan suaranya lebih dari satu kali di TPS atau lebih, dipidana dengan pidana penjara paling lama satu tahun enam bulan dan denda paling banyak Rp 18 juta.

Pada Pemilu 2019, kita punya pengalaman yang sebelumnya belum pernah dilakukan, terutama terkait surat suara yang mencapai lima lembar, yakni surat suara pilpres, pemilihan DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Kelima surat suara itu harus dicoblos oleh pemilih. Tentu bukan perkara gampang adanya lima surat suara itu, terlebih masalnya bagi orangtua yang sudah lanjut usia, sehingga tak heran waktu pencoblosan memakan waktu cukup lama. Belum lagi proses penghitungan yang sampai dini hari.

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *