Profil Jerry Sambuaga! Peneliti Terorisme, Dosen, Staf Ahli DPR, Pengusaha dan Kolumnis  

  • Whatsapp
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga.

INDOPOLITIKA.COM – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga bukanlah sosok sembarangan. Ayahnya Theo L Sambuaga merupakan Komisaris PT Lippo Cikarang. Pria kelahiran Jakarta 2 Juli ini merupakan politisi Golkar dan saat ini masih dipercaya sebagai Wakil Ketua Umum DPP AMPI.

Sebelum dipilih Presiden Jokowi sebagai Wamen Perdagangan, Jerry sudah disibukkan dengan seabrek kegiatan. Baik sebagai dosen, konsultan maupun sebagai politisi. Berikut profil Jerry mengutip blognya, jerrysambuaga.id.

Baca Juga:

Dosen dan Konsultan

Jerry yang berzodiak Cancer ini merupakan dosen FISIP Universitas Sam Ratulangi, dan dosen FISIP Hubungan Internasional dan Ilmu Politik Universitas Pelita Harapan.

Selain itu, Jerry juga memiliki sebuah perusahaan konsultasi, The Zoom Strategist, yang secara khusus mengkaji kebijakan dan strategi di dalam bidang politik dan pemerintahan. Disela kesibukannya, Jerry juga aktif menulis di Harian Umum Suara Pembaruan sebagai Kolumnis.

Latar Belakang Pendidikan

Ketertarikannya terhadap politik di Indonesia membuat Jerry mempelajari dan menekuni ilmu politik dari jenjang S1, S2, sampai S3. Jerry meraih gelar Doktor dalam Ilmu Politik dari Universitas Indonesia.

Sebelumnya, ia meraih gelar Master of International Affairs (MIA) in International Security Policy dari School of International and Public Affairs (SIPA), Columbia University, New York AS. Untuk gelar sarjananya, Jerry meraih gelar Bachelor of Arts in Politics dari University of San Francisco.

Pengalaman Kerja

Jerry memiliki pengalaman yang cukup relevan terkait isu politik dan hubungan internasional. Pada tahun 2005 Jerry menjadi Researcher untuk Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata (KIPS) pada Direktorat KIPS di Departemen Luar Negeri (Deplu) RI, yang bertugas mengeksplorasi dan melakukan riset masalah terorisme, keamanan internasional, dan isu mengenai pertahanan.

Pada tahun 2006, Jerry terlibat aktif sebagai Researcher dalam misi penjaga perdamaian dan resolusi konflik, tepatnya sebagai divisi politik pada Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB. Jerry saat itu berkolaborasi sebagai Penasihat Khusus delegasi Indonesia di PBB.

Setahun berikutnya yakni tahun 2007, Jerry terlibat dalam riset sebagai Researcher untuk ASEAN Regional Forum (ARF) di Sekretariat ASEAN, Jakarta yang secara spesifik menginvestigasi dan menganalisis masalah-masalah konflik teritorial, pertahanan, keamanan, terorisme, dan militer di wilayah Asia Tenggara.

Pada tahun 2008 – 2009, Jerry menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPR RI yang secara spesifik menangani isu-isu luar negeri, khususnya terkait hubungan DPR RI dengan parlemen-parlemen asing. Dan setelah selesai menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPR RI, Jerry kemudian menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPD RI dari tahun 2009 – 2016.

Terjun ke Politik

Dalam dunia politik praktis, Jerry sudah mulai merintis aktivitas politiknya di Partai Golkar sejak masih remaja. Keterlibatannya di Partai Golkar dimulai semenjak tahun 2002, dimana Jerry mulai aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh partai berlambang pohon beringin tersebut.

Dalam struktur DPP Partai Golkar, Jerry pernah tercatat sebagai Anggota Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu), Anggota Bidang Penggalangan Khusus sub bidang Pemilih Pemula, Fungsionaris tingkat Pusat DPP Partai Golkar, dan Anggota Badan Informasi dan Komunikasi (BIK) Divisi Hubungan Antar Lembaga, Anggota Departemen Kerjasama Internasional DPP Partai Golkar, sekaligus sebagai Anggota Balitbang DPP Partai Golkar.

Di luar Golkar, Jerry juga aktif  di beberapa Ormas, antara lain sebagai Wakil Sekretaris DPP Himpunan Pengusaha Kosgoro 1957, Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Ketua DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), dan Wakil Sekjen DPP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG). Saat ini Jerry menjabat sebagai Wakil Sekeretaris Jenderal DPP Partai Golkar dan juga sekaligus sebagai Wakil Ketua Umum DPP AMPI.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *