Pemerintahan

Prospek Perkembangan Industri Otomotif Indonesia

JAKARTA– Perkembangan industri otomotif di Indonesia menurut Presiden Direktur Astra Group Prijono Sugiarto memiliki prospek untuk terus tumbuh, terutama jika Indonesia bisa meningkatkan pertumbuhan ekspor industri otomatif.

Hal itu disampaikan Prijono kepada Kepala Staf Kepresidenan (Kastaf) Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko dalam pertemuan di Kantor Staf Presiden, Rabu, 4-7-2018.

“Secara kualitas kita mampu memproduksi mobil dan motor dengan kualitas eksport, bahkan saat ini Astra pun sudah mulai mengekspor mobil ke Jepang, yaitu jenis minibus,” tutur Prijono.

Kastaf yang didampingi oleh Deputi III Bidang Ekonomi Denny Purbasari mendiskusikan perkembangan dunia perindustrian di Indonesia, khususnya yang terkait dengan bidang-bidang usaha PT. Astra seperti industri otomotif, properti, perkebunan dan juga infrastruktur seperti jalan tol.

“Yang terbaru adalah kami ikut berinvestasi di Gojek karena itu adalah start up milik anak bangsa yang sebelumnya justru didanai oleh investor dari luar negeri semua maka kami tergerak untuk ikut mendukung Gojek,” ujar Prijono kepada Kastaf.

whatsapp-image-2018-07-04-at-12-36-05

Kastaf dan Deputi III membicarakan juga tentang pendidikan vokasional yang merupakan salah satu concern Presiden Jokowi. Menurut Prijono konsep pendidikan vokasional yang dicanangkan Presiden Jokowi sudah sangat tepat untuk menumbuhkan generasi muda menjadi tenaga kerja yang mampu bersaing dan produktif.

“Jadi pendidikan vokasional itu sebaiknya sekelas dengan politeknik dengan bobot ketrampilan atau praktik 70% dan teori cukup 30% saja,” tambah Prijono. Pertemuan ditutup dengan penyerahan foto-foto bersama Prijono dan Kastaf dalam beberapa acara.

Artikel Terkait

Close
Close