PSBB Jawa Barat Diperpanjang, Wilayah Bodebek Ikuti Kebijakan Jakarta

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus corona di Jawa Barat.

Akan tetapi, perpanjangan PSBB di wilayah Bodebek dan luar Bodebek akan berbeda masa perpanjangannya. Hal ini tertuang pada Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 443/kep.287-Hukham/2020.

Berita Lainnya

“Sekitar 60% Zona Biru (Level 2) bisa memulai pilihan new normal. Sekitar 40% Zona Kuning (level 3) wilayah MELANJUTKAN PSBB proporsional s/d tanggal 12 Juni 2020. Mari berdisiplin ya warga Jabar agar hidup baru kita bisa sukses dan lancar,” tulis Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) dalam akun Instagramnya Kamis (28/5/2020).

Berdasarkan keterangan Emil dalam unggahan itu, tidak semua kabupaten/kota di Jawa Barat akan menjalankan PSBB hingga 12 Juni mendatang.

“Sekitar 60% Zona Biru (Level 2) bisa memulai pilihan new normal. Sekitar 40% Zona Kuning (level 3) wilayah MELANJUTKAN PSBB proporsional s/d tanggal 12 Juni 2020. Mari berdisiplin ya warga Jabar agar hidup baru kita bisa sukses dan lancar,” tulis Emil di unggahannya.

Menurutnya, perpanjangan PSBB untuk wilayah diluar sekitar DKI Jakarta. (Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi), akan diperpanjang hingga 12 Juni 2020.

“Untuk Wilayah Jawa Barat di luar Bodebek, selama 14 (empat belas) hari terhitung mulai tanggal 30 Mei 2020 sampai dengan tanggal 12 Juni 2020,” lanjut Keputusan Gubernur ini.

Sedangkan untuk wilayah Bodebek, PSBB diperpanjang terhitung mulai tanggal 30 Mei 2020 sampai dengan tanggal 4 Juni 2020.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar), Setiawan Wangsaatmaja menerangkan, perpanjangan PSBB Bodebek mengikuti kebijakan pemerintah DKI Jakarta. Hal itu karena Bodebek menjadi daerah penyangga Ibu Kota.

“Jadi, kebijakannya harus sejalan agar penanggulangan COVID-19 optimal,” kata Setiawan. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *