Ranking 10 Besar Caleg DPR Ditempati Anak Mantan Presiden, Mantan Gubernur Hingga Mantan Wartawan

Puan Bertengger Di Puncak, Ibas Urutan Ke-6

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA- Komisi Pemilihan Umum ( KPU) telah menetapkan 575 calon legislatif terpilih sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Penetapan dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019).

Penghuni posisi 10 besar perolehan suara caleg DPR ditempati oleh anak dari mantan presiden, mantan gubernur, artis hingga mantan wartawan.

Baca Juga:

Berikut daftar 10 caleg DPR yang mendapat suara terbanyak pada pemilu 2019 berdasarkan penetapan KPU:

1. Puan Maharani

Putri mantan Presiden Megawati Soekarnoputri ini adalah caleg Partai PDI Perjuangan. Ia mencalonkan diri lewat daerah pemilihan Jawa Tengah V. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini berhasil mengantongi 404.034 suara. Hasil itu menempatkan Puan sebagai jawara dalam daftar perolehan suara caleg terbesar pada Pemilu 2019. Periode 2019-2024 merupakan peride ketiga bagi Puan Maharani menempati kursi DPR. Puan mulai terjun sebagai caleg pada Pemilu 2009 dari Dapil Jawa Tengah V (Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali). Perolehan suara Puan langsung menyodok politikus senior lainnya. Saat itu dia berhasil menempati posisi kedua pada perolehan suara di tingkat nasional yaitu 242.504 suara.

2. Cornelis

Sama dengan Puan, Cornelis adalah caleg dari Partai PDI Perjuangan untuk daerah pemilihan Kalimantan Barat I. Ia mendapatkan 285.797 suara pada Pemilu 2019. Cornelis populer di dapilnya, karena pernah menjabat Gubernur Kalimantan Barat dua periode.

3. Hidayat Nur Wahid

Hidayat Nur Wahid adalah caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) daerah pemilihan DKI Jakarta II. Dalam pileg 2019, ia memeroleh sebanyak 281.372 suara. Hidayat juga sudah beberapa kali terpilih sebagai anggota DPR. Saat ini, ia menjabat Wakil Ketua MPR. Ia juga pernah mencalonkan diri dalam Pilgub DKI 2012. Namun, dia kalah dari pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama.

4. Roberth Rouw

Robert adalah mantan anggota DPR RI dari Partai Gerindra. Pada Pileg 2019, Robert loncat ke Partai Nasdem. Ia pun maju lewat dapil Papua. Ia meraih 274.426 suara di dapilnya.

5. Rano Karno

Rano Karno adalah caleg dari Partai PDI Perjuangan. Dia mencalonkan diri untuk daerah pemilihan Banten III. Pemeran Si Doel ini memeroleh sebanyak 274.294 suara. Rano Karno cukup populer di dapilnya, karena pernah menjadi Wakil Gubernur serta Gubernur Banten.

6. Edhie Baskoro Yudhoyono

Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas maju dari Partai Demokrat. Ia mencalonkan diri di daerah pemilihan Jawa Timur VII. Putra bungsu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ini memeroleh sebanyak 263.510 suara. Sebelumnya, Ibas juga sudah beberapa kali menjadi politisi Senayan.

7. I Made Urip

I Made adalah caleg petahana PDI Perjuangan di dapil Bali. Sebelumnya, Urip berkarir di Komisi IV DPR bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan. Sebanyak 255.130 suara berhasil diperoleh Urip di Pulau Dewata.

8. Imron Amin

Imron Amin maju lewat Partai Gerindra untuk daerah pemilihan Jawa Timur XI. Ia lolos ke Senayan dengan perolehan suara sebanyak 242.437. Imron Amin adalah adik dari Fuad Amin, mantan Ketua DPRD dan Bupati Bangkalan.

9. Fadli Zon

Fadli Zon adalah calon legislatif petahana dari Partai Gerindra. Pada pemilu 2019, Fadli kembali maju lewat dapil Jawa Barat V. Ia mendapat dukungan dari 230.524 pemilih. Fadli saat ini adalah Wakil Ketua DPR RI.

10. Achmad Baidowi

Baidowi adalah caleg petahana dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia maju lewat daerah pemilihan Jawa Timur XI. Mantan wartawan salah satu media cetak nasional ini berhasil memeroleh sebanyak 227.170 suara.

[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *