Puan Bicara Peluang PDIP Koalisi dengan Gerindra dan PKB

Puan Maharani ngevlog saat Presiden Jokowi ngobrol dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Instagram/@puanmaharaniri)

INDOPOLITIKA.COM – Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengungkapkan peluang partainya berkoalisi dengan Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pasalnya, Puan menyebut, PDIP tidak bisa sendiri dalam membangun Indonesia. Untuk itu, Puan menyatakan koalisi itu bisa saja terjadi.

“Ya, mungkin saja (koalisi),” kata Puan di sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan (Jaksel), Selasa (21/6/2022).

Puan menjelaskan, kerja sama dalam membangun Indonesia itu merujuk pesan Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Ibu Ketum mengatakan membangun Indonesia tidak bisa sendirian. Harus gotong royong,” tutur Puan.

Puan pun mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal membangun Indonesia dalam pidatonya di acara rakernas itu. Jokowi sempat menyatakan bahwa membangun Indonesia harus saling bahu membahu di antara semua pihak, termasuk antarpartai politik.

“Presiden juga menyatakan seperti itu, harus bisa bantu membantu membangun Indonesia,” ujarnya.

PDIP sebenarnya bisa saja mengusung calon tanpa berkoalisi. Pasalnya, mereka telah memenuhi persyaratan ambang batas pencalonan presiden, yaitu minimal 20 persen kursi di DPR RI. [rif]


Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.