Puan Dilaporkan ke MKD Imbas Rayakan Ultah saat Rakyat Demo, Junimart: Itu Spontanitas

INDOPOLITIKA.COM – Politisi PDI Perjuangan yang juga anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Junimart Girsang buka suara terkait rencana pelaporan Ketua DPR RI Puan Maharani ke MKD.

Menurut dia, perayaan ulang tahun Puan Maharani saat rapat paripurna tersebut sifatnya spontanitas semata. Dan, manusiawi menurutnya.

Junimart tidak melihat ada pelanggaran etik yang dilakukan Puan karena Puan sendiri tidak mengetahui. Junimart juga mengaku belum menerima laporan terkait dugaan pelanggaran kode etik Puan Maharani.

“Itu kan sifatnya spontanitas dan Mbak Puan juga tidak mengharapkan dengan situasi itu. Dan itu masih manusiawi. Sampai saat ini kami di MKD belum pernah menerima laporan dari siapapun menyangkut nama Ibu Puan Maharani,” kata Junimart di gedung DPR RI, kemarin.

Politisi PDI Perjuangan itu menegaskan, tidak melarang siapa pun yang ingin melapor ke MKD terhadap anggota dewan, tak terkecuali Ketua DPR RI. Nantinya MKD akan membahas laporan tersebut, apakah layak ditindaklanjuti atau tidak.

Junimart menambahkan, terkait tidak menemui pendemo di depan pintu Gedung DPR RI, dikarenakan berbarengan dengan jadwal Rapat Paripurna. Sehingga tak mungkin anggota dewan dapat menemui masyarakat yang menggelar aksi.

“Ya kan ada mata acara sidang paripurna. Bagaimana pula kita lagi paripurna-an bisa menemui yang sedang demo di luar. Semua ada koridor yang harus ditempuh,” katanya.

Sebelumnya, mantan Aktivis 98 Joko Priyoski akan melaporkan Ketua DPR RI Puan Maharani ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) hari ini, Senin 12 September 2022.

Menurut Joko, Ketua DPP PDI Perjuangan tersebut melanggar etika sebagai anggota dewan. Pasalnya di saat masyarakat berunjuk rasa menolak kenaikan BBM di depan Gedung DPR RI, ia malah melakukan perayaan ulang tahun di dalam komplek parlemen.

“Hari ini kami melaporkan Puan Maharani ke MKD DPR RI atas viralnya video perayaan ultah beliau pada tanggal 6 yang lalu. Saat massa buruh berunjuk rasa, tapi beliau bukannya menerima para pengunjuk rasa, malah melakukan euforia dalam gedung ini,” ujar Joko kepada wartawan di Gedung DPR RI. [Red]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *