Puan Ungkap Peluang Gibran Masih Terbuka Untuk Maju Jadi Cawalkot Solo Melalui PDIP

  • Whatsapp
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (ist)

INDOPOLITIKA.COM – Peluang anak sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka diusung partainya menjadi calon Wali Kota (cawalkot) Solo masih terbuka. Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) Puan Maharani.

Menurut Puan, proses pemilihan cawalkot Solo masih lama walaupun Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Solo telah menutup pendaftaran serta menyodorkan nama Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai bakal cawalkot Solo.

Baca Juga:

“Ya iya dong Gibran masih punya kesempatan. Semuanya dari mana saja dan siapa saja mekanismenya seperti itu. Pertama, mendaftar dulu, kemudian masuk fit and proper dan lain-lain, kemudian baru diputuskan,” tutur Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Mekanisme yang dimaksud kata Puan adalah, mereka yang ingin maju mencalonkan diri dalam pilkada harus mengikuti mekanisme berjenjang di lingkup internal PDI Perjuangan.

“Jadi memang selama belum ada keputusan kita membuka lebar pintu pendaftaran bagi siapa aja yang berminat untuk maju pilkada atau menjadi calon yang akan ikut pilkada melalui jenjang kepartaian tersebut,” ujar Puan.

Sebelumnya, Gibran telah menemui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Gibran menyampaikan niatnya maju sebagai calon wali kota Solo untuk Pemilu Serentak 2020.

“Saya sampaikan keadaan Solo seperti apa. Saya sampaikan keseriusan saya untuk maju,” kata Gibran di Jakarta, Kamis (24/10).

Gibran mengaku sudah memiliki kartu tanda anggota (KTA) lewat DPC PDI Perjuangan Surakarta. Itu pula yang membuat Gibran ingin maju di Pilwakot Solo melalui partai ppimpinan Presiden ke-5 Indonesia itu.

Hal itu sengaja dia tekankan demi mengklarifikasi adanya isu pernyataan dirinya yang ingin maju melalui jalur independen. “Jadi saya tidak pernah berkata kepada siapa pun, di mana pun, kalau saya akan maju lewat independen. Saya sudah punya KTA PDI Perjuangan. Saya akan berjuang melalui PDI Perjuangan,” tandasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *