Publik Tak Puas Respon & Pengaduan di SP4N-LAPOR!  

  • Whatsapp
Peneliti Polling Center Heny Susilowati bersama tim membeberkan hasil survey soal SP4N-LAPOR!, di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

INDOPOLITIKA.COM – Peneliti Polling Center Heny Susilowati menyebut, hasil survei yang dilakukan oleh pihaknya menunjukkan mayoritas publik merasa puas atas layanan pengaduan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) milik pemerintah. Tapi dari aspek respon dan pengaduan, perlu ditingkatkan lagi.

“Sebanyak 90 persen pengguna mengatakan SP4N-LAPOR! adalah kanal pelaporan yang sudah baik atau memudahkan pelaporan, akan digunakan lagi, dan akan direkomendasikan kepada orang lain,” tutur Heny di Kemen PAN-RB, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Muat Lebih

Heny mengatakan, berdasarkan aspek akses, respon, dan transparansi, sebanyak 72 persen pengguna memiliki persepsi positif terhadap SP4N-LAPOR! “Yaitu dengan mengatakan kepuasannya terhadap sistem LAPOR! (17 persen sangat puas, 55 persen puas),” katanya.

Lebih lanjut, Heny menjelaskan, aspek yang paling banyak mendapatkan apresiasi adalah aspek akses, yaitu kemudahan menggunakan media pelaporan (total 86 persen pengguna menyatakan kepuasannya, terdiri dari 21 persen sangat puas, 65 persen puas).

“Sebaliknya, aspek yang paling sedikit mendapatkan apresiasi positif adalah aspek respon, yaitu lamanya proses penyelesaian dan tanggapan diberikan (total 55 persen pengguna menyatakan kepuasannya),” ungkapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *