Punya 3 Wartawan Utama, Dewan Pers Puji Indopolitika.com Saat Verifikasi Faktual

  • Whatsapp
Verifikator Dewan Pers Asep Setiawan (batik biru) dan pimpinan perusahaan Indopolitika.com Budiyana Saifullah (batik merah) menunjukan data hasil verifikasi faktual indopolitika.com, Selasa, (10/3/2020).

INDOPOLITIKA.COM – Tim verifikator Dewan Pers melontarkan pujian kepada media indopolitika.com, karena sudah memiliki tiga wartawan utama sekaligus sejauh ini. Karenanya, Dewan Pers berharap, dengan  keberadaan wartawan utama ini bisa mendorong indopolitika.com menghasilkan berita-berita yang ekslusif sehingga makin diminati pembaca.

Demikian pujian itu disampaikan salah satu verifikator Dewan Pers, Asep Setiawan saat melakukan verifikasi faktual ke kantor Indopolitika.com, di BSD, Serpong, Kota Tangsel, Selasa, (10/3/2020). Untuk diketahui, program verifikasi faktual merupakan bagian dari program pendataan perusahaan media oleh Dewan Pers, selain verifikasi administrasi.

Berita Lainnya

Verifikasi perusahaan pers merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi Dewan Pers sesuai amanat UU Pers nomor 40 tahun 1999, pasal 15 (g) tentang pendataan perusahaan pers. Verifikasi ini mencakup tahapan kerja dari proses pendataan, yakni verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Sementara program pendataan ini menjadi salah satu ujung tombak Dewan Pers dalam menyajikan data untuk memudahkan publik mengenali mana media yang dikelola secara bertanggungjawab dan mana media yang dikelola dengan tujuan praktis tertentu tanpa melandaskan pada fungsi pers sebagaimana mestinya.

 “Nama Indopolitika.com sudah bagus, saya berharap kedepan bisa lebih baik dan ditingkatkan kualitas konten dan kualitas wartawannya. Apalagi Indopolitika.com sudah memiliki tiga wartawan utama. Sudah bagus sekali itu,” kata Asep Setiawan.

Dalam kesempatan ini, Asep dan rekannya dengan sangat teliti menyesuaikan seluruh data yang dikirim indopolitika.com saat mendaftar dengan berkas-berkas yang asli. Termasuk yang ditanyakan adalah data karyawan kontrak, karyawan tetap, redaksi tetap, redaksi non karyawan, gaji karyawan, tunjangan, asuransi serta beberapa hal lainnya terkait dengan proses pelatihan-pelatihan karyawan indopolitika.com, dalam mengupdate wawasan. “Setelah verikasi faktual ini, kita akan khabarkan lagi hasilnya nanti,” jelas Asep yang nampak begitu tegas menjalankan tugasnya.

Asep memberikan banyak masukan positif untuk indopolitika.com dalam hal mengarungi kerasnya persaingan media saat ini. Dikatakan Asep, sebuah media, setidaknya harus memiliki ciri khas dan mengedepankan adanya berita eksklusif. Misalkan, kata dia, wawancara langsung dengan tokoh ternama.

“Dengan begitu, orang akan tertarik membaca media tersebut karena punya kekhasan. Tanpa adanya semua itu (laporan khas), media sulit diminati pembaca,” imbuhnya.

Verifikator perusahaan media dari Dewan Pers, Asep Setiawan bersama pimpinan perusahaan dan Pimred indopolitika.com, Rizal Maulana (paling kiri) berfoto bersama di depan kantor indopolitika.com.

Selain itu, Asep juga mendorong agar media seperti indopolitika.com ataupun media lainnya bisa memiliki badan usaha sendiri kedepan. Misalkan saja, koperasi karyawan. “Media juga harus punya badan usaha, jangan salah loh. Badan usaha ini kalau dikelola dengan baik dan maksimal, kelak bisa menjadi sumber penghasilan lain dari media terkait,” tegasnya.

Terkait verifikasi faktual ini, Pimpinan Redaksi Indopolitika.com, Rizal Maulana menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Dewan Pers karena sudah berkenan meluangkan waktunya melakukan verifikasi ke kantor Indopolitika.com.

“Terimakasih Dewan Pers sudah berkenan datang ke kantor redaksi Indopolitika.com, apalagi jika melihat proses verifikasi yang cukup detail dan responsif, kami sangat merasa bersyukur,” papar pentolan Rakyat Merdeka ini.

Sebagai perusahaan media star up, kata Rizal, Indopolitika.com sangat memperhatikan kualitas berita yang disuguhkan kepada masyarakat. Sehingga, pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat dapat tersampaikan dengan baik. “Sebagai media star up, kami terus melakukan pembenahan atas pemberitaan kami, menerima berbagai masukan dan kritik yang membangun. Jelas itu kita perhatikan semua,” ungkapnya.[asa]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *