Punya Cuan Tak Berseri, Erick Thohir Dinilai Punya Peluang Besar Jadi Cawapres di Pilpres 2024

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memang masih cukup lama. Tetapi nama-nama yang muncul sebagai kandidat calon presiden (capres) sudah nampak di depan mata.

Beberapa lembaga survei meski hasilnya tidak selalu sama, tetapi hampir seluruhnya menempatkan nama-nama seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil selalu berada diurutan teratas sebagai kandidat potensial capres 2024.

Berita Lainnya

Pertanyaannya, jika di antara mereka maju menjadi capres, lalu siapa yang layak dipertimbangkan untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres)? Atau dari tokoh-tokoh yang ada saat ini, baik dari kalangan politisi, pejabat publik, profesional, bahkan pengusaha, siapa kira-kira yang layak menjadi calon wakil presiden di Pilpres 2024?

Pengamat Politik Muhammad Budiman mengatakan satu nama yang layak diperhitungkan untuk dipinang menjadi cawapres oleh kandidat capres manapun adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia Erick Thohir. Budiman menjelaskan bahwa Erick Thohir punya segudang alasan yang membuatnya layak menjadi cawapres.

“Kalau untuk posisi cawapres, saya sementara ini melihat pak Erick Thohir yang punya peluang besar. Beliau semakin populer, yang mana itu modal sangat penting seorang cawapres untuk mendongkrak suara capres-nya nanti,” tanggap Budiman saat ditanya via whatsapp, Senin 10 Mei 2021.

Kemudian, Budiman menyebut bahwa Erick Thohir sampai saat ini menjadi satu di antara pejabat publik yang tidak mempunyai kecacatan di mata publik. Dalam arti, namanya masih begitu bersih sehingga siapapun yang meminangnya tidak akan dirugikan.

“Ingat, rakyat itu sekarang sangat pintar. Sekalipun capresnya bagus, bersih tetapi kalau salah-salah memilih pasangan bisa ancur namanya. Pak Erick Thohir saya kira sampai saat ini namanya cukup bersih. Apalagi kena kasus hukum atau diisukan telah memanfaatkan jabatan saat ini untuk memperkaya diri, pemerintah berkali-kali melakukan reshuffle saja, beliau masih tetap aman. Artinya, beliau tak cuma bersih, tetapi juga kinerjanya cukup baik,” lanjut Budiman.

Selain dua hal itu, Budiman menambahkan, yang tidak kalah penting kenapa Erick Thohir layak dipertimbangkan untuk menjadi cawapres karena dia punya uang banyak. Posisi Erick yang punya cuan tak berseri ini karena dia seorang pengusaha, dinilai Budiman akan menjadi daya tawar yang sangat bernilai. Makanya, Budiman menyebut jangan aneh kalau di Pilpres 2024 mendatang, Erick Thohir muncul sebagai kandidat terkuat untuk posisi cawapres.

“Terakhir, mungkin yang menjadi alasan utama Erick Thohir layak menempati posisi cawapres karena beliau punya duit. Ingat, biaya pilpres itu sangat mahal, bung. Bukan cuma puluhan tapi bisa ratusan miliar rupiah. Seorang capres memang bisa minta bantuan ke pengusaha-pengusaha untuk modal pencalonannya, tetapi kalau punya cawapres yang juga seorang pengusaha itu kan jauh lebih Mudah.  Dan ini juga yang menjadi alasan Prabowo di Pilpres 2019 menjadikan Sandi sebagai cawapres, karena Sandi punya duit,” pungkas Budiman. [fed]

 

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *