PUPR Bangun Konektivitas Di Kawasan Raja Ampat

  • Whatsapp
Jalan yang dibangun PUR di Raja Ampat

INDOPOLITIKA.COM – Kementerian PUPR terus berupaya membangun konektivitas dari dan menuju lokasi wisata Raja Ampat. Teranyar, kementerian itu merampungkan pembangunan jalan lingkar Raja Ampat sepanjang 342 kilometer. Keberadaan jalan tersebut akan meningkatkan konektivitas antar pusat wisata di sekitar Raja Ampat, Papua Barat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ketersediaan infrastruktur jalan yang terkoneksi dengan baik akan meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata setempat dan memudahkan wisatawan mencapai lokasi wisata.

Baca juga:

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Menteri Basuki Jumat (17/1).

Dia mengatakan, jalur Lingkar Raja Ampat sepanjang 342 Km terdiri dari 2 ruas. Yakni ruas Lingkar Luar Raja Ampat sepanjang 314,39 kilometer dan ruas Lingkar Waisai sepanjang 27,61 kilometer. Untuk membiayai pembangunan jalan Lingkar Raja Ampat itu, Kementerian PUPR menggelontorkan Rp 183,1 miliar pada tahun lalu.

Untuk diketahui, Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau 10 ‘Bali Baru’ yang dikembangkan Pemerintah. Tujuannya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Penataan Raja Ampat dikerjakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk.  Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR.

“Sebelumnya kami juga telah melakukan perbaikan Pelabuhan Waisai di Pulau Waigeo yang merupakan pintu masuk menuju destinasi wisata di Kabupaten Raja Ampat. Selain itu juga dilakukan penataan pada kawasan wisata, salah satunya di Bukit Piaynemo dengan membangun anak tangga menuju puncak bukit, kios suvenir, gardu pandang, rest area, serta tambatan perahu apung dan perahu kayu,” katanya.[ab]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *