INDOPOLITIKA.COM – Puskesmas Cikuya gelar Upaya Kesehatan Kerja (UKK) di Rumah Snack Anugrah Desa Cikareo, Kecamatan Solear, Selasa (2/4/2024).  

Kepala Puskesmas Cikuya Rina Ristiyani, menjelaskan UKK adalah bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat di kelompok pekerja informal. 

“Pembinaan dilakukan dengan kegiatan penyuluhan PHBS dan penyakit tidak menular dan pemeriksaan kesehatan karyawan,” jelasnya. 

Rina mengungkapkan, pihaknya rutin melakukan kegiatan UKK setiap tahun. Tahun ini ada 4 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diantaranya Rumah Snack Anugrah.   

“Dari hasil pemeriksaan ada beberapa karyawan yang mengalami hipertensi dan gula darahnya tinggi, kami beri surat berobat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di puskesmas,” ungkapnya. 

Berharap dengan masifnya pemeriksaan rutin terhadap Karyawan UMKM, terutama dalam upaya promotif dan preventif. Dapat melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang di akibatkan oleh pekerjaan. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com