Internasional

Putin Siap Temui Kim Jong-Un Lebih Awal

Presiden Rusia Vladimir Putin bermaksud menemui pemimpin Korut Kim Jong-un lebih cepat (Foto: AFP).

Pyongyang: Presiden Rusia Vladimir Putin siap bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un lebih awal'. Hal ini dipastikan oleh kantor berita Korut, KCNA, Rabu 15 Agustus, di tengah kecairan diplomatik cepat di Semenanjung Korea.
 
Putin mengundang Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Juni lalu untuk hadir ke sebuah forum ekonomi di Vladivostok bulan depan. Meskipun tidak diketahui apakah pemimpin Korut menanggapi undangan tersebut.
 
Dalam sebuah pesan untuk Kim pada Hari Pembebasan Nasional Korea Utara –menandai berakhirnya kekuasaan Jepang atas Korea pada akhir Perang Dunia Kedua– Putin mengulangi kembali niatnya untuk sebuah KTT.
 
"Saya menegaskan bahwa saya siap untuk bertemu dengan Anda lebih awal demi membahas masalah-masalah mendesak mengenai hubungan bilateral dan hal-hal penting di kawasan itu," kata Putin dalam pesan yang disampaikan oleh KCNA, kantor berita resmi Korut.
 
Dinukil dari AFP, Rabu 15 Agustus 2018, pesan tersebut tidak menawarkan jadwal pasti untuk pertemuan itu.
 
Putin menyatakan harapan untuk lebih mengembangkan "kerja sama timbal-balik termasuk realisasi proyek tripartit" yang juga akan melibatkan Korsel.
 
Kim juga mengirim pesan ke Putin, KCNA melaporkan, mencatat "tradisi berharga" perjuangan perang bersama mereka melawan Jepang merupakan "akar kuat" dari hubungan bilateral mereka.
 
Pesan itu tidak memberi tanggapan atas undangan Putin, meskipun KCNA tidak menjelaskan kapan pesan Kim muncul: sebelum atau sesudah surat dari Moskow.
 
Pencairan cepat diplomatik di Semenanjung Korea sejak Olimpiade Musim Dingin sudah memperlihatkan Kim bertemu dengan mitra Korsel, Moon Jae-in, dua kali, serta Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close