Pertarungan Pilkada Tangsel 2020 Diprediksi Bakal Sengit

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA- Baru-baru ini lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo) merilis hasil surveinya terkait tokoh-tokoh yang berpotensi bertarung di Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) yang akan digelar pada 2020. Dalam survei yang dilakukan pada rentang 27 Juni-2 Juli 2019 ini ada 22 tokoh potensial. Mereka adalah: Benyamin Davnie, Andiara Aprilia Hikmat, Abaraham Samad, Muhammad, Arsid, Abdul Rozak, Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka, Angela Herliani Tanoesoedibjo, M Ramlie, Ade Irawan, Wawan Iriawan, Heri Gagarin,Tommy Patria Edwardy, Suhendar, Li Claudia, Muhammad Azis, Siti Nur Azizah, Dudung, Intan Nurul Hikmah, M Reza AO, Siti Chadizah dan Teddy Meiyadi.

Figur-figur itu datang dari berbagai latar belakang. Indopolitika coba mengupas kulit luar dari para tokoh ini satu per satu. Pertama, Benyamin Davnie. Dia adalah wakil walikota Tangsel saat ini. Benyamin sudah dua periode mendampingi Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Benyamin awalnya berangkat sebagai birokrat. Kini sebagai ancang-ancang pencalonannya dia masuk dalam barisan Dewan Pembina DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kota Tangerang Selatan. Figur kedua adalah Andiara Aprilia Hikmat. Dia adalah senator asal Banten yang juga putri mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Andiara pada pileg kemarin berhasil mempertahankan posisinya sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Dia berhasil mengantongi suara tertinggi di Banten yakni sebanyak 1.187.788 suara. Figur berikutnya adalah Muhamad. Dia adalah Sekda Tangsel. Figur keempat, Abraham Samad. Bekas Ketua KPK ini tentunya sangat dikenal tak hanya di wilayah Tangsel, tapi juga di tingkat nasional. Abraham Samad saat ini bermukim di Tangsel.

Muat Lebih

Selanjutnya Arsid. Untuk urusan Pilkada Tangsel, Arsid boleh dibilang bukanlah pemain baru. Pada Pilkada Tangsel 2010 lalu dia maju sebagai calon walikota berpasangan dengan artis Andre Taulani. Duet ini nyaris mengungguli pasangan walikota dan wakil walikota saat ini Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie. Figur keenam adalah Moch Ramlie. Dia adalah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangsel. Figur berikutnya Wawan Iriawan. Dia adalah politikus Partai Nasional Demokrat. Pada Pemilu 2019 lalu Wawan nyaleg, namun dia tidak berhasil lolos ke senayan.

Figur kedelapan adalah Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak. Rojak sudah beberapa kali masuk bidikan calon berpotensi di Pilkada Tangsel. Sekjen Majelis Ulama Indonesia untuk Kota Tangsel ini pada Pilkada Tangsel 2015 juga sempat masuk dalam radar calon potensial. Berikutnya adalah Heri Gagarin. Pria ini dulunya berprofesi sebagai fotografer. Kini dia tengah merintis karier politik. Gagarin pernah menduduki posisi Ketua Dewan pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Tangsel. Di dua pilkada sebelumnya Gagarin juga sempat masuk bursa balon walikota Tangsel. Figur kesepuluh adalah Siti Nur Azizah Ma’ruf. Siti Nur Azizah boleh dibilang merupakan figur baru di Tangsel. Dia adalah putri dari wakil presiden terpilih KH Ma’ruf Amin. Saat ini Siti Nur Azizah intens mulai blusukan melakukan pendekatan ke warga.

Figur selanjutnya adalah Muhammad Azis. Dia adalah Anggota DPRD Tangsel dari Partai Golkar. Dan pada Pemilu 2019 dia berhasil mempertahankan kursinya di parlemen.
Figur ke-12 adalah Ade Irawan. Dia adalah aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) yang banyak disokong oleh kalangan penggiat antikorupsi di Tangsel.
Figur berikutnya adalah pendekar silat Tommy Patria Edwardy. Tommy dikenal sebagai aktivis lintas organisasi. Tommy saat ini menjabat sebagai Ketua Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) Tangsel, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Tangsel, Ketua Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI) Tangsel, sekaligus lurah Cipayung. Dia cukup dikenal kalangan pemuda Tangsel. Pesaing berat Tommy adalah M Reza AO. Dia adalah Ketua ormas Pemuda Pancasila Tangsel. Reza juga cukup dikenal dikalangan pemuda Tangsel.

Figur ke-15 adalah Intan Nurul Hikmah. Dia adalah adik kandung Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang juga putri dari Ismed Iskandar, mantan Bupati Tangerang. Berikutnya Dudung. Dia adalah Direktur PT Pembangunan Investasi Tangsel (PITS). PITS merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tangsel. Sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai sekda Tangsel. Figur ke-17 adalah Teddy Meiyadi. Dia adalah kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tangsel. Berikutnya Siti Chadizah. Dia adalah anggota DPRD Tangsel dari PKS. Dan figur terakhir adalah Li Claudia. Dia menjabat Ketua DPC Partai Gerindra Tangsel. Pada Pilkada Tangsel 2015 Li Claudia ikut bertarung sebagai calon wakil walikota berpasangan dengan ikhsan Mojo politikus Partai Demokrat.

Hasil survei Konsepindo ini ditanggapi antusias oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Tangsel, Yudi Budi Wibowo. Dia mengatakan, Pilkada Tangsel 2020 bakal lebih menarik dibanding pilkada sebelumnya, karena peluang semua kandidat sama. “Apalagi dari hasil survei paling tinggi elektabilitasnya cuma 27 persen. Maka peluang untuk kandidat lainnya lebih besar,” ujar Yudi Wibowo saat dihubungi Indopolitika, Jumat (16/8/2019).

Ia memprediksi Pilkada Tangsel akan sangat dinamis dan cair mengingat masih banyak calon-calon Walikota yang belum muncul kepermukaan. “Saya predisksi beberapa waktu kedepan akan ada lagi nama-nama calon walikota yang akan muncul,” ucapnya.

Lanta siapa jago calon Walikota Tangsel yang akan didukung Partai Gerindra Tangsel? Yudi Wibowo mengatakan, saat ini partainya sedang melakukan konsolidasi internal untuk menyaring aspirasi kader dan relawan sebelum menentukan kandidat yang akan diusung. “Penjaringan internal di Gerindra sudah berjalan dan masih hingga saat ini. Konsolidasi dilakukan di semua tingkatan untuk Pilwalkot [sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *