Putusan MK Hanya Kabulkan Sengketa Pileg di Kepulauan Riau

  • Whatsapp
Ketua MK Anwar Usman saat membacakan putusan MK (ist)

Tiga gugatan yang dikabulkan sebagian oleh Mahkamah Konstitusi berasal dari Provinsi Kepulauan Riau. Meski asal daerahnya sama, gugatan yang dimohonkan oleh tiga partai politik itu berbeda persoalan.

Permohonan yang dikabulkan sebagian teregistrasi dengan Nomor 167-04-10/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019, MK mengabulkan sebagian permohonan Partai Golkar yang menyoal penetapan rekapitulasi di Dapil Bintan 3 untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Baca Juga:

“Membatalkan Keputusan KPU Nomor 987 tentang hasil penetapan Pemilu 2019, sepanjang menyangkut perolehan suara partai Golkar untuk anggota DPRD Bintan di daerah Bintan 3,” kata Ketua MK, Anwar Usman membacakan amar putusan di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019).

Permohonan tersebut merupakan sengketa internal antara calon anggota DPRD Bintan Amran dengan rekan separtainya, Aisyah. Amran menggugat penetapan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12, Kelurahan Sungai Lekop, Kecamatan Bintan Timur.

Selain itu, Majelis Hakim Konstitusi mengabulkan sebagian permohonan Partai Gerindra yang memperkarakan Dapil Kepri 4 untuk pemilihan anggota DPRD Kepri tercantum dalam Putusan MK No. 146-02-10/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019.

Menolak eksepsi termohon dan pihak terkait untuk seluruhnya. Mengabulkan permohonan pemohon sebagian sepanjang DPRD dapil Kepulauan Riau IV,” ucap Anwar.

Terakhir, MK mengabulkan sebagian permohonan PDIP yang juga menyoal Dapil Bintan 3. Dalam Putusan MK No. 71-03-10/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019, perolehan suara PKS diubah dari 1.648 suara menjadi 1.645 suara.

“Membatalkan keputusan Komisi Pemilihan Umum no 987/PL.01.8-Kpt/06/KPU/V/2019 tentang penetapan hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden anggota DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota secara nasional dalam pemilihan umum tahun 2019 tanggal 21 Mei 2019. Sepanjang menyangkut perolehan suara partai PKS untuk keanggotaan DPRD Kabupaten Bintan di daerah pemilihan Bintan 3,” ujar Anwar.

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *