Putusan Tanggal Pemilu 2024 Kembali Ditunda

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – DPR kembali menunda rapat putusan tanggal penyelenggaraan Pemilu 2024, Rabu, (6/9/2021) menyusul Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tak bisa hadir karena rapat terbatas dengan Presiden Jokowi.

Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa mengatakan, sedianya rapat dilakukan dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), batal dilaksanakan hari ini.

Berita Lainnya

“Hari ini kita tunda, kita akan lakukan rapat internal antar kapoksi dan pimpinan. Penundaan ini terkait dengan soal Mendagri hari ini ada ratas di Istana dan ratas itu enggak bisa ditinggalkan,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa kepada wartawan di DPR RI, Rabu (6/10/2021).

Lanjut dia, rapat penetapan kemungkinan besar akan dilakukan usai DPR menjalani masa reses. Ya kemungkinan habis reses, karena kita kan besok udah penutupan masa sidang,” tegasnya.

Penundaan rapat hari ini juga dalam rangka Komisi II menyampaikan poin-poin hasil konsinyering dengan Mendagri dan penyelenggara pemilu kepada setiap fraksi. Sebab, ada sejumlah poin yang disebutnya belum disampaikan.

“Lalu terkait dengan ini kita ingin berikan kesempatan lagi kepada KPU untuk lakukan exercise. Tidak hanya KPU, tapi juga penyelenggara yang lain, Bawaslu maupun DKPP,” ujar Saan.

Disisi lain, Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan pihaknya masih butuh waktu untuk menetapkan jadwal Pemilu 2024. Saat ini masih ada dua opsi jadwal pemilu.

Dua opsi jadwal Pemilu 2024 itu yakni, tanggal pencoblosan 21 Februari sesuai usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 15 Mei berdasarkan usulan pemerintah. Menurutnya, belum ada kesepakatan mengenai tanggal pencoblosan ini.

“Ternyata memang kami mengambil kesepakatan masih memerlukan waktu untuk melakukan exercise dan sinkronisasi terhadap semua pandangan,” kata Doli di Kompleks Parlemen.

Menurut dia, baik pemerintah maupun KPU selaku penyelenggara pemilu masih harus konsolidasi terkait jadwal pelaksanaan Pemilu 2024. [asa]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *