Rada Galak Dari Pendahulunya, 3 Fraksi DPRD Tangsel Minta Pemkot Lebih Transparan

  • Whatsapp
Anggota DPRD Tangsel Fraksi PSI saat gelar konfrensi pers, terkait transparansi anggaran Pemkot Tangsel, kemarin.

INDOPOLITIKA.COM – Penyusunan dan pembahasan APBD Kota Tangsel Tahun Anggaran 2020 “sedikit” ada gregetnya dan bisa dikatakan “berbeda” dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu menyusul adanya dorongan dari beberapa fraksi agar pemkot transparan dalam hal penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA). Antara lain disampaikan F-PSI, F-PKS dan F-Gerindra PAN.

Fraksi Partai Solidaritas Indonesia yang beranggotaka empat anggota misalnya, menilai pemerintahan yang dipimpin oleh Wali Kota Airin Rachmi Diany tersebut tak terbuka dalam hal pembelanjaaan uang rakyat.

Muat Lebih

“Kita tidak cari permasalahan, yang kita mau adalah transparansi dan kejelasan penyusunan APBD tahun 2020, kita ingin transparansi,” kata anggota Fraksi PSI DPRD kota Tangerang Selatan Aji Bromokusumo, kepada media, kemarin.

Menurut Aji, pihaknya tidak menggugat adanya kejanggalan tentang penyusunan APBD tahun 2020, tetapi menekankan transparansi anggaran dan tujuan pembelian didalam APBD Kota Tangerang Selatan. Sebelumnya juga, PSI sempat mengeluhkan akses ke SIMRAL yang agak terkendala.

Dikatakan Aji, dari 34 organisasi perangkat daerah yang ada dan sudah dilakukan pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) beberapa hari lalu, ada satu OPD yang tidak hadir yakni Dinas Komunikasi dan Informatika sehingga membuat diskusi RKA jauh dari kata optimal.

“Yang kita mau tau itu dari APBD Kota Tangerang Selatan fungsi dari uang yang dibelanjakan itu untuk apa saja, jangan di draft ditulis anggarannya tapi tidak disertakan dan dijelaskan untuk apa anggaran itu,” ungkapnya.

Aji menambahkan bahwa Fraksi PSI melihat saat rapat pembahasan RKA terkesan terburu- buru dan dalam waktu yang terlalu singkat, apalagi draft RKA baru diterima PSI saat hari H pembahasan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *