Radius Satu Kilometer Jarak Aman Dari Erupsi Bromo

  • Whatsapp
Erupsi Gunung Bromo (ist)

Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur kembali erupsi, sekitar pukul 16.37 WIB, Jumat petang, 19 Juli 2019. Sebelumnya Gunung Bromo sempat erupsi pada Maret 2019.

Kondisi ini teramati  Badan Geologi Kementerian ESDM, PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Bromo. Wisatawan diminta menjauh dari kawasan puncak Gunung Bromo dalam radius 1 kilometer (km).

Bacaan Lainnya

Otoritas PVMBG mengumumkan ada peningkatan aktivitas gunung Bromo pada Jumat sore. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi kurang lebih 7 menit 14 detik. Gunung Bromo mengeluarkan semburan abu berwarna abu-abu.

Pihak PVMBG juga melarang aktivitas wisatawan di puncak dan lereng Gunung Bromo dengan alasan keamanan. Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi meminta masyarakat tetap waspada di sekitar Gunung Bromo. Meski masih level II  masyarakat diminta mengutamakan keselamatan.

“Radius rawan masih di wilayah 1 KM dari puncak Bromo. Namun wisatawan dan warga untuk tidak ke puncak karena material vulkano berbahaya. Informasi ini disampaikan untuk meningkatkan kewaspadaan akan bencana dan upaya mitigasi,” ujar Anggit

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *