Ramai Bakal Adanya Tim Penagih BPJS-Kes, Sekjen Gerindra: Jangan Bebani Rakyat

  • Whatsapp
Andre Rosiade

INDOPOLITIKA.COM – Wakil Sekretaris Jendral (Sekjend) Dewan Perwakilan Partai (DPP) Gerindra Andre Rosiade mengkritik keras kenaikan Iuran BPJS Kesehatan. Menurutnya, hal itu sangat membebani rakyat, terlebih jika telat bayar akan ditemui oleh tim penagih (debt-Collector).

“Direksi BPJS Kesehatan, tolong jangan bikin aturan yang membebani Rakyat,” kata Andre melalui akun Twitter pribadinya, Minggu (3/11).

Baca Juga:

Pria berdarah Minang itu mendesak Direksi BPJS kesehatan untuk menghentikan ihwal adanya rencana debt collector.

“Hentikan rencana penagihan memakai debt collector dan jangan persulit masyarakat untuk membuat SIM & Paspor,” katanya.

Menurut Andre, persoalan rakyat yang menunggak iuran BPJS bukan karena tidak patuh, lantaran karena kondisi ekonomi yang sulit. “…BPJS utk meringankan bukan membebani Rakyat,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Ma’ruf menepis kabar yang beredar tentang adanya debt collector. Ia menegaskan bahwa tidak ada debt collector yang akan menagih iuran BPJS Kesehatan.

“Kami menyampaikan soal debt colector itu sebenarnya tidak ada. Tetapi ada tim yang diturunkan untuk menagih, karena ini kewajiban untuk membayar. Kader JKN namanya,” ujarnya di acara Diskusi Polemik Trijaya Fm, Jakarta, Sabtu (2/11).

Adapun penagihan peserta dilakukan dengan cara menelepon atau telekolekting dan juga via SMS. Namun untuk kader JKN yang akan menagih sistematika penagihan akan dilakukan ke tiap-tiap rumah dengan sopan dan tentu dengan cara-cara yang baik.

“Penagihan ke peserta itu sudah kita lakukan entah dengan menelpon, kalau yang kader JKN untuk kondisi peserta mandiri yang mengalami durasi menunggaknya di atas 4 bulan, perlu didatangi ke rumah dengan sopan dan dengan tentu cara-cara yang baik untuk menyampaikan ada tanggung jawab di sana,” ujarnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *