Rapat Bahas Pengungsi dan Pencari Suaka Internasional, UNHCR Nilai Perpres 125/2016 Terbukti Efektif

  • Whatsapp

JAKARTA – Kepala Perwakilan UNHCR Indonesia, Thomas Vargas, menegaskan komitmen UNHCR untuk terus meningkatkan kerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam menangani persoalan-persoalan pengungsi yang berasal dari luar negeri dan masuk ke Indonesia. Hal ini disampaikan dalam rapat koordinasi penanganan pengungsi asal luar negeri yang diselenggarakan Kedeputian V Kantor Staf Presiden, Kamis 18 Juli 2019 di Bina Graha, Jakarta.

Muat Lebih

Dalam rapat yang dipimpin Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Theofransus Litaay, Thomas Vargas selaku Kepala Perwakilan UNHCR Indonesia memberikan apresiasi sangat positif atas keberadaan Peraturan Presiden Nomor 125 tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri.

“Perpres ini terbukti sangat efektif untuk menjawab berbagai persoalan yang muncul dengan kehadiran pengungsi dari negara lain di Indonesia,” kata Vargas.un2

“Bapak Presiden Jokowi telah memberikan kepada kita satu kerangka kerja yang sangat efektif karena berisi pembagian tugas yang sangat jelas sebagai pegangan kami dalam bekerja. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah juga lebih menjadi jelas dalam bekerja dengan kami,” lanjut Vargas.

Sementara itu, Theofransus Litaay menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan komunikasi dengan UNHCR selaku badan PBB yang menangani pengungsi internasional, termasuk dalam kasus pengungsi dan pencari suaka internasional yang saat ini mendiami tempat penampungan sementara di Kalideres Jakarta Barat.

Rapat Kedeputian V KSP dengan UNHCR ini dilaksanakan berselang 30 menit dan paralel dengan rapat koordinasi lintas instansi K/L Pusat dan Pemerintah Daerah DKI yang dipimpin Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani di gedung Bina Graha, Jakarta. Pertemuan ini juga dihadiri Tenaga Ahli Kedeputian V KSP lain yakni Vivekananda Hasibuan dan Billy Esratian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *