Rapimnas DPP Peradi Pergerakan Hasilkan Tiga Rekomendasi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM  DPP Persaudaraan Penasihat Hukum Indonesia (Peradi) Pergerakan usai menggelar rapat pimpinan pusat (Rapimnas). Terdapat tiga rekomendasi penting yang menjadi keputusan dalam rapimnas tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana Rapimnas Peradi Pergerakan, Hani Kuswanto mengatakan dalam rapimnas yang digelar secara daring dan luring di Yogyakarta. Dalam rapimnas tersebut berbagai isu nasional terutama berkaitan dengan dunia advokat.

Berita Lainnya

Rapimnas diikuti pengurus pusat, pengurus tingkat provinsi hingga pengurus tingkat kota/kabupaten. “Dalam rapimnas ini ada tiga rekomendasi yang diputuskan,” kata Hani Kuswanto dalam siaran pers, Minggu (25/7/2021).

Sebanyak tiga rekomendasi itu adalah pertama, Indonesia sebagai negara hukum. Maka, setiap keputusan politik, perbuatan, tindakan dan kebijakan pemerintah dan aparatur pemerintah harus berdasarkan hukum.

“Setiap anggota Peradi wajib memahami hukum politik pemerintah dalam bentuk kebijakan yang mempengaruhi hidup orang banyak. Advokat Peradi juga dapat melakukan kajian, publikasi, sosialisasi, advokasi kebijakan bahkan gugatan hukum,” terang Hani.

Kedua, advokat Peradi Pergerakan ikut memperjuangkan hak-hak warga tidak mampu, miskin, dan marginal yakni dengan cara membentuk Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Pergerakan. Hal ini sesuai dengan pasal 3 huruf a Kode Etik Advokat (KEA) dan Pasal 20 UU Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

Berikutnya, advokat Peradi Pergerakan ikut menjaga kehormatan profesi dan menolak berbagai upaya perendahan martabat oleh internal maupun eksternal dalam berbagai bentuk.

“Setiap anggota Peradi Pergerakan harus mentaati kode etik advokat, konstitusi, dan hukum yang bersendikan kebenaran dan keadilan. Selain itu, advokat ikut melawan setiap tindakan yang merendahkan martabat advokat, aktif melakukan sosialisasi Kode Etik Advokat (KEA) dan ikut membela martabat advokat,” jelas Hani. [dbm]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *