Daerah

Rapsel Ali Jadi Pendatang Baru di Senayan

Indopolitika.com, MAKASSAR — Partai Nasional Demokrat (NasDem) dipastikan mengamankan satu kursi dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Sulawesi Selatan. Jauh meninggalkan rival-rivalnya, Muhammad Rapsel Ali, bersiap menjadi pendatang baru di DPR RI, Senayan.

Hingga Kamis, 1 Mei 2019, perolehan suara Rapsel memang tak lagi bisa dikejar oleh tujuh kandidat lain Partai NasDem di Dapil 1. Hasil rekapan C1 plano dari tim pemenangan di setiap TPS yang sudah masuk, Rapsel unggul jauh dari rival terdekatnya, Indira Chunda Thita; 29,89 persen berbanding 20,42 persen.

“Sudah 80 persen suara masuk dari seluruh TPS di Dapil 1. Dengan keunggulan hampir 10 persen, Rapsel lolos ke Senayan,” tegas Ketua Tim Pemenangan Sahabat Rapsel, Ustaz Arifuddin Lewa, Kamis, 1 Mei 2019.

Menurut pria yang kerap disapa Ustaz Harley ini, Rapsel mengumpulkan suara terbanyak di Kabupaten Bantaeng, Jeneponto, dan kampung halamannya, Kepulauan Selayar.

Di Takalar, pria yang juga penggemar motor besar tersebut mampu mengimbangi suara Thita. Kabupaten Gowa juga gagal dimenangkan putri mantan Gubernur, Syahrul Yasin Limpo, tersebut dengan telak.

Dia hanya unggul sekitar 5 ribu suara. Tak cukup menutupi defisit suara di kabupaten lain, karena hingga Kamis malam hanya tinggal satu kecamatan di Gowa yang belum memasukkan data.

“Suara Thita di Gowa terbagi ke tantenya (Tenri Olle, red). Rapsel di Gowa mendapatkan suara dari keluarga besar kerajaan yang selama dua dekade menjadi lawan politik klan Yasin Limpo,” jelas Ustaz Harley.

Bagaimana di Makassar? “Sama saja. Suara juga terbagi karena putri wali kota ikut bertarung. Tak ada pemenang yang dominan,” terangnya.

Menurut Ustaz Harley, perhitungan suara akan rampung dalam tiga hari ke depan. Tak ada perubahan signifikan setelah sisa 20 persen suara masuk.

“Kami tetap menghargai KPU sebagai penyelenggara dan menunggu pengumunan resmi. Tetapi, kami menyimpulkan persaingan sudah selesai,” ungkapnya.

Mengenai kekhawatiran adanya kecurangan, kubu Rapsel mengaku sudah mengantisipasinya. Saksi berlapis disiapkan di setiap TPS.

“Kami ikut aturan main, mengadukan setiap kecurangan ke Bawaslu. Di lapangan kami sudah menemukan sejumlah pelanggaran dan ini akan dilaporkan,” tegasnya.

Seiring makin banyaknya suara yang masuk, posisi Rapsel yang unggul jauh mendapat apresiasi dari sejumlah rivalnya di Dapil 1. Ucapan selamat sudah mengalir ke kakak Bupati Selayar, Basli Ali tersebut.

“Ada yang datang langsung, beberapa juga melalui tim sukses mereka. Seharusnya seperti inilah demokrasi, bisa menerima setiap hasil dengan besar hati,” terang Ustaz Harley. (rls)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close