Ratusan Driver Gojek Gelar Aksi Bakar Atribut Helm dan Jaket

  • Whatsapp
Demonstrasi pengemudi gojek di Blok M (ist)

Ratusan pengemudi ojek dan taksi online dari puluhan organisasi menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor PT Gojek Indonesia, kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Aksi yang awalnya berjalan tertib sempat diwarnai kericuhan.

Terjadi aksi dorong antara kepolisian dengan massa demonstran. Stuasi pun berubah menjadi panas. Tak hanya itu, aksi sweeping yang dilakukan massa ke sejumlah orang nyaris berakhir dengan baku hantam.

Berita Lainnya

Pantauan di lokasi, demo pada Senin (5/8/2019) siang itu diikuti ratusan orang dari berbagai perkumpulan. Mereka menggelar aksi dan memasang sound system untuk berorasi.

Situasi mulai memanas ketika mereka melakukan aksi bakar atribut sebagai bentuk protes. Tak hanya jaket, helm gojek pun ikut dibakar.

Aksi ini dicoba aparat kepolisian. Namun para driver ojek online ini mencoba bertahan. Tak pelak terjadi aksi saling dorong antarmereka.

Koordinator lapangan aksi demonstrasi, Yani Rachmadan mengatakan, ada sejumlah tuntutan dari para mitra pengemudi untuk Gojek. Tuntutan tersebut yakni, membuka kembali suspend kepada mitra pengemudi, menghentikan perekrutan mitra pengemudi baru.

”Menghapus orderan prioritas, menggunakan tarif yang sewajarnya, serta menghapus asuransi penumpang yang dibebankan kepada pengemudi,” ujarnya.

Dalam tuntutannya, mereka juga meminta agar dilakukan reformasi managemen Gojek, terutama menyangkut perpindahan driver dari Grab ke Gojek. Akibat aksi unjuk rasa ini, jalur dari Jalan Prapanca menuju Blok M sempat ditutup. Kemacetan panjang pun tak terelakkan.

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *