Internasional

Ratusan Ribu Prajurit Disiagakan Jelang Pemilu Pakistan

Prajurit Pakistan mengawal kotak suara di Rawalpindi, 24 Juli 2018. (Foto: AFP/FAROOQ NAEEM)

Islamabad: Ratusan ribu personel militer Pakistan disebar di seluruh negeri menjelang pemilihan umum yang akan dilaksanakan pada Rabu besok.

Seperti dikutip dari AFP, para prajurit secara seksama mengawasi tempat pemungutan suara di sejumlah daerah, termasuk di Islamabad, Selasa 24 Juli 2018.

Sebanyak 370 ribu personel angkatan bersenjata Pakistan telah disiagakan di seantero negeri untuk memastikan pemilu berjalan lancar. Jumlah ini merupakan yang terbesar dalam sejarah pemilu Pakistan.

"Pengerahan pasukan sudah dilakukan di penjuru negeri," ucap militer Pakistan pada Senin malam. Para tentara ini disiagakan untuk memastikan "lingkungan kondusif dan nyaman" untuk pemungutan suara.

Jumlah besar personel militer serta keputusan terbaru komisi pemilu Pakistan untuk memberikan wewenang lebih kepada militer sempat menimbulkan kekhawatiran mengenai kemungkinan terjadinya manipulasi saat pemilu.

Langkah terbaru militer ini adalah satu dari sejumlah kontroversi dalam musim kampanye pendek pemilu Pakistan. Sejumlah pihak menuduh pemilu ini akan berjalan tidak adil karena didesain untuk memenangkan pihak tertentu. 

Terlepas dari kecurigaan tersebut, sejumlah partai politik terus menjalajahi Pakistan menjelang hari pemungutan suara. 

Pemilu kali ini disebut-sebut adalah pertarungan dua kubu, antara mantan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif dan pemain kriket Pakistan Imran Khan dari Tehreek-e-Insaf.

"Prediksi kami, (arah dari) pemilu ini masih belum terlihat," ucap Bilal Gilani, direktur eksekutif Gallup Pakistan, kepada kantor berita AFP. Ia menilai hal tersebut diakibatkan masih banyak pemilih yang belum menentukan pilihan. (Khalisha Firsada)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close