Ratusan Warga di Karawang Jadi Korban Keracunan Gas Pabrik, Polisi: Kami Selidiki

  • Whatsapp
Ratusan warga dari dua RT di Kampung Cigempol, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel diduga keracunan gas yang keluar dari pabrik kimia di Karawang. Foto: Dok. Istimewa

INDOPOLITIKA.COM – Ratusan warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat harus dilarikan ke rumah sakit, Puskesmas, dan klinik terdekat lantaran keracunan gas. Diduga penyebabnya adalah kebocoran pipa gas milik PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills 2.

Akibat peristiwa itu, banyak warga Desa Kutamekar, Kecamatan Karawang yang mengeluhkan sesak nafas, pusing, dan mual. Sejumlah ambulans mondar-mandir melakukan evakuasi korban keracunan.

Berita Lainnya

“Sementara yang dilarikan ke RS Rosella ada 11 warga, sedangkan yang dilarikan ke RS Delima Asih Johar ada 14 warga. Untuk total keseluruhan korban kita masih proses evakuasi penanganan pertama di kantor desa ya,” kata Sekretaris Desa Kuta Mekar, Kecamatan Ciampel, Karawang, Dayat, Kamis (3/6/2021).

Salah seorang warga yang jadi korban keracunan gas, Pendi, 38 tahun, memberikan kesaksian, awal kejadian kebocoran gas coustic soda itu terjadi pada Kamis siang. Ia menyebut sebenarnya peristiwa pipa gas bocor itu kerap terjadi. Namun kali ini, kebocoran itu cukup parah.

“Rasanya sesak, bau menyengat sampai tenggorokan. Rasanya kering banget,” katanya.

Polres Kabupaten Karawang langsung melakukan penyelidikan atas peristiwa tersebut. Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra, di Karawang, Kamis malam mengatakan, pihaknya sudah memasang garis polisi di lokasi kebocoran pipa gas tersebut.

“Garis polisi sudah dipasang. Jadi tidak boleh ada kegiatan di lokasi sampai Tim Puslabfor Mabes Polri datang ke lokasi,” katanya, Kamis (3/6/2021) seperti dikutip dari Antara.

Ia menyampaikan pihaknya akan terus melakukan pendalaman terkait dengan kasus kebocoran pipa gas pabrik PT Pindo Deli 2 itu.

Pengumpulan bukti-bukti serta keterangan dari saksi-saksi seputar penyebab terjadinya kebocoran pipa gas itu mulai dilakukan.

Sementara itu berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak 288 orang yang terdampak kebocoran gas coustic soda milik PT Pindo Deli 2 terpaksa dievakuasi ke kantor Desa Kuta Mekar.

Peristiwa bocornya pipa gas coustic soda PT Pindo Deli 2 bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya pada tahun 2017 dan 2018 warga setempat juga mengalami penderitaan yang sama akibat bocornya cerobong asap milik Pindo Deli 2. [rif]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *