Rekor! Kasus Covid-19 India Tembus 200 Ribu Sehari, 1.038 Orang Meninggal

  • Whatsapp
Festival Mandi Suci di Sungai Gangga, India. Foto: Idrees Mohammed/EPA

INDOPOLITIKA.COM – India kembali melaporkan rekor infeksi harian virus corona (Covid-19) baru dengan 200.739 kasus selama 24 jam terakhir. Begitu juga dengan angka kematian yang mencapai 1000 lebih.

Pada Kamis (15/4/2021), berdasarkan data yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan, ini adalah pertama kalinya kasus harian di India tembus di atas 200.000 sejak pandemi Covid-19 muncul di negara tersebut.

Berita Lainnya

Dengan tambahan tersebut, total beban kasus Covid-19 di India mencapai 14,1 juta. Kini, India pun berada di belakangan Amerika Serikat (AS) yang memimpin perhitungan global dengan 31,4 juta kasus.

Pada hari ini, India juga melaporkan tambahan 1.038 kematian. Sehingga total kematian akibat Covid-19 di negara tersebut menjadi 173.123.

Lonjakan kasus Covid-19 di India datang bersamaan dengan festival Kumbh Mela yang berpusat di sungai Gangga. Setidaknya, lebih dari 3 juta umat Hindu mengikuti festival ini. Dalam festival tersebut, langkah pencegahan penularan virus tak dapat dilakukan. Mengingat jumlah peserta yang membludak

“Situasinya sangat buruk. Kami adalah rumah sakit dengan 900 tempat tidur, tetapi ada sekitar 60 pasien yang menunggu dan kami tidak memiliki tempat untuk mereka,” kata Avinash Gawande, seorang pejabat di Sekolah Tinggi dan Rumah Sakit Medis Pemerintah di Nagpur.

Di Gujarat, negara bagian asal Perdana Menteri Narendra Modi, ada antrean panjang ambulans tempat pasien dirawat, karena tidak ada ruang di rumah sakit yang menyatakan mereka kekurangan tabung oksigen.

“Jika kondisi seperti itu terus berlanjut, jumlah korban tewas akan meningkat,” tulis kepala badan medis di Ahmedabad dalam sepucuk surat kepada kepala menteri negara bagian Gujarat.[ind]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *