Daerah

Rencana Pembangunan Jalur Ganda Lintasan Tanjung Karang-Tanjung Rambang Diminta Segera Direalisasikan

Tanggal 28 September ditetapkan sebagai Hari Kereta Api Nasional (HKAN), dan tahun 2018 adalah peringatan ke-73. Artinya, umur HKAN sama dengan umur Republik Indonesia.

Hal itu karena memang peringatan HKAN ditetapkan pada 28 September 1945 atau sekitar sebulan setelah proklamasi kemerdekaan. Sedangkan momen yang melatarbelakanginya adalah keberhasilan para pegawai kereta api Indonesia mengambil alih Balai Besar Kereta Api Bandung dari kuasa kolonial Jepang.

Menanggapi peringatan HKAN tahun 2018 ini, Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Dapil 1 Kota Bandar Lampung, Rizaldi Adrian menyebut peringatan HKAN sebagai momentum bagi Kementerian Perhubungan dan PT KAI untuk terus mengembangkan perkeretaapian nasional, baik dari sisi fasilitas, keamanan maupun keselamatan penumpang.

“Peringatan HKAN ini harus dijadikan momentum oleh Kemenhub dan PT KAI untuk terus memperbaiki fasilitas KA agar penumpang semakin nyaman dan keamanan serta keselamatannya terjamin,” ungkap Rizaldi Adrian di Bandar Lampung, Jum’at (28/09/2018).

Calon yang maju dari Partai Gerindra itu pun menanggapi rencana Kementerian Perhubungan, yang akan membangun jalur ganda lintasan Tanjung Karang Bandar Lampung sampai Tanjung Rambang Prabumulih Sumatera Selatan (Sumsel) sepanjang 318 kilometer. Menurutnya, rencana itu sangat baik, karenanya ia berharap segera direalisasikan.

“Pada momen ini, saya juga meminta Kemenhub sebagai pihak yang bertugas membangun prasarana KA segera merealisasikan rencana pembangunan jalur ganda lintasan Tanjung Karang-Tanjung Rambang,” pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan, melalui Kepala Divisi Teknisi Satuan Kerja (Kadiptek Satker) Lampung Ditjen Perkeretaapian, Billy Setyanegara, Rabu, 5 September 2018, mengatakan berencana membangun jalur ganda Tanjung Karang-Tanjung Rambang. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close