Rententan Gempa Guncang Maluku dan Papua Pada Senin (24/6/2019)

  • Whatsapp

Rentetan gempa bumi menguncang Indonesia bagian Timur pada Senin (24/6/2019). diawali pada pukul 08.05.26 WIB, di wilayah Membramo Jaya, Papua.  Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=6,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=6,1.

Epicentrum gempa bumi terletak pada koordinat 2,67 LS dan 138,76 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 85 km arah tenggara Kota Burmeso, Kabupaten Memberamo Raya, Propinsi Papua pada kedalaman 10 km.

Baca Juga:

Dengan memperhatikan lokasi epicentrum dan kedalaman hipocentrum, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Kabupaten Memberamo Raya ini merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sistem Sesar Yapen.

Berselang satu jam, wilayah Maluku di guncang gempa tektonik berkekuatan 7.7 Skala Richter pada pukul 09.53.39 WIB. Gempa tersebut tersebut terjadi di laut yang berlokasi 245 km arah Timur Laut Maluku Barat Daya. Berdasarkan Informasi dari akun resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa 7.7 tidak berpotensi tsunami. (TRA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *